15 Candi Terbesar di Dunia, 2 Diantaranya Ada di Indonesia

Sponsors Links

Di dunia ini terdapat banyak candi yang menyimpan beribu-ribu sebuah cerita sejarah tentang peradaban dunia. Namun, dari sekian candi itu, ada yang terkenal oleh orang-orang lantaran bentuk yang unik dan memiliki ukuran sangat besar. Termasuk di antara candi itu ada milik Indonesia. Berikut 15 candi terbesar di dunia:

1. Candi Baalbek – Lebanon

Baalbek atau Heliopolis adalah situs peninggalan arkeologi yang terletak di daerah timur laut negara Lebanon. Diperkirakan dari abad 1 SM, orang-orang Romawi yang membangun tiga candi yaitu: Jupiter, Bacchus, dan Venus. Candi ini diciptakan bertujuan untuk menjadi candi yang terbesar di kekaisaran Romawi. Candi Bacchus, merupakan candi terbesar diiantara candi lain, dibangun pada abad 150 Masehi. Candi ini punya panjang 69 meter dan lebar 36 meter. Terdapat 42 pilar dengan tinggi 62 kaki di dindingnya.

2. Candi Kristus Sang Juru Selamat

Merupakan salah satu bangunan yang paling kontroversial dan mengesankan di moscopan sejarah singkat, tapi bergejolak. Awalnya, setelah kekalahan Napoleon, candi ini direncanakan untuk berdiri. Namun, pembangunan candi ini tidak juga dilaksanakan sampai tahun 1839. Pada tahun 1931, rancangan bangunan ini hancur berkeping-keping saat masa pemerintahan Stalin. Pada tahun 1990, Gereja Ortodoks Rusia mendapat izin dari pemerintahan Rusia untuk membangun kembali candi yang disebut katedral ini. Pada tahun 2000, bangunan ini kembali berdiri dengan tinggi mencapai 105 meter (344 kaki).

3. Candi Saint Sava – Belgrade

Candi Terbesar di Dunia selanjutnya adalah candi Saint Sava. Saint Sava terletak di kota Belgrade. Candi Saint Sava merupakan salah satu gereja Ortodoks terbesar di dunia, yang dibuat untuk didedikasikan pada pendiri Gereja Ortodoks Serbia. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1985 dan selesai pada tahun 2004. Namun, dekorasi internal dari Gereja Saint Sava masih belum selesai. Di Serbia, bangunan tersebut disebut sebagai hram (kuil). Tingginya mencapai 91 meter (299 kaki) dengan lebar mencapai 81 meter (266 kaki). Salib dilapisi oleh emas, tingginya mencapai 12 meter (39 kaki). Luas permukaannya 3.500 meter persegi.

4. Tikal (Candi IV) – Sri Lanka

Tikal terdri dari 6 piramida yang sangat besar. Yang terbesar diantara candi lain adalah candi ke-IV, dengan tinggi mencapai 72 meter (230 kaki). Candi IV adalah candi terbesar yang pernah dibangun di wilayah Maya, besarnya melampaui Piramida Matahari di daerah Teotihuacan. Situs Tikal diklaim oleh seorang arkeolog sebagai salah satu situs kota kuno utama dari peradaban Suku Maya yang terletak di wilayah Peten, sebelah utara negara Guatemala. Ada beberapa bangunan kuil mahakarya kuno buatan peradaban Maya mirip Piramida di Mesir yang berdiri menakjubkan di situs Tikal, diantaranya adalah Temple I dan Temple II.

5. Jetavanaramaya – Sri Lanka

Candi Jetavanaramaya terletak di Kota Anuradhapura, negara Sri Lanka. Candi Jetavanaramaya adalah stupa paling besar di dunia jika diukur berdasarkan volumenya. Candi ini dibangun pada era Raja Mahasena di abad ke-3. Pembangunan Candi Jetavanaramaya dilakukan selama 15 tahun. Butuh 93,3 juta batu bata panggang untuk digunakan dalam pembangunan candi ini. Tingginya mencapai 122 meter (400 kaki). Jetavanaramaya adalah candi tertinggi ketiga di dunia setelah Piramida Giza. Diameter kubah Candi Jetavanaramaya mencapai 95 meter (312 kaki).

Sponsors Link

6. Sri Ranganathaswa – Srirangam

Candi Terbesar di Dunia selanjutnya adalah Candi Sri Ranganathaswa. Candi Sri Ranganathaswa dibangun untuk didedikasikan kepada Tuhan Ranganatha (Dewa Wisnu). Candi peninggalan agama hindu  ini terletak di daerah Srirangam. Bangunan Candi Sri Ranganathaswa merupakan kuil yang disambangi banyak pengunjung dan peziarah mencapai jutaan setiap tahunnya. Luas dari Candi Sri Ranganathaswa mencapai 156 acre. Kuil Sri Ranganathaswa adalah salah satu kuil terbesar di dunia. Tingginya dari Candi ini mencapai 73 meter (240 kaki).

7. Candi Akshardham – Delhi

Candi Akshardham merupakan bangunan candi yang terletak di Delhi, Candi ini Selesai pada tahun 2005 oleh BAPS ,sebuah organisasi rohani di negara India. Monumen pusat Candi Akshardham tingginya mencapai 43 meter (141 kaki),lebar 96 meter (316 kaki) , panjang 110 meter (370 kaki), dan bangunan candi ini ditutupi dari atas ke bawah dengan ukiran flora, fauna, penari, musisi, dan dewa. Candi ini dibangun sepenuhnya dari batu pasir merah muda rajasthani dan marmer Carrara italia, candi ini tidak memiliki struktur dari baja maupun beton.

ads

8. Candi Borobudur – Indonesia

Candi BorobudurCandi Borobudur pernah masuk tujuh keajaiban dunia. Borobudur merupakan  candi Peninggalan Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun sekitar 75 tahun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Kerajaan Sailendra. Ada sekitar 2 juta blok batu yang dikumpulkan untuk membangun Candi ini.

Bangunan Candi Budha di Indonesia ini dibagi menjadi tiga bagian: dasar, tubuh, dan atas. Bagian dasar candi ini memiliki ukuran mencapai 123 × 123 meter (403,5 × 403,5 kaki) dengan tinggi dinding mencapai 4 meter (13 kaki). Total luas permukaan Candi ini sekitar 2.500 meter persegi. Bagian tubuh candi ini terdiri atas 5 platform persegi, masing-masing bagian candi punya ketinggian berbeda. Bagian atas candi adalah stupa monumental dengan kubah utama terletak di pusat candi tersebut. Kubah ini memiliki tinggi mencapai 35 meter (115 kaki) dari permukaan tanah.

9. Karnak (Great Hypostyle Hall) – Mesir

Candi Terbesar di Dunia selanjutnya adalah Karnak di Mesir. Karnak adalah kompleks bangunan candi peninggalan purbakala terbesar di dunia. Bangunan candi ini merupakan gabungan dari banyaknya pembangunan di Mesir. Candi Karnak sebenarnya terdiri atas beberapa kuil-kuil. Salah satu yang paling terkenal dari Candi Karnak adalah Hypostyle Hall. Area aula dari Hypostyle Hall mencapai 5.000 meter persegi (50 ribu kaki). Ada lebih 134 kolom besar disusun dalam 16 baris dengan atap yang sekarang sudah hancur. Tingginya mencapai 24 meter (80 kaki).

10. Candi Angkor Wat – Kamboja

candi angkor watAngkor Wat adalah sebuah bangunan kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, negara Kamboja. Kuil Angkor Wat didirikan oleh Raja Suryawarman II pada abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat menghabiskan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat berada di dataran Angkor dan juga dipenuhi oleh banyak bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Raja Suryawarman II memerintahkan kepada bawahannya untuk membangun Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu dan meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia yang merupakan tempat tinggal bagi para dewa-dewi Hindu.

Candi peninggalan agama hindu  ini bisa dilihat dari seluruh kota. Bagian luar dari kuil Angkor Wat memiliki ukuran mencapai 187 x 215 meter (614 x 705 kaki). Kawasan berikutnya saling terhubung dengan kuil Angkor Wat. Pada tingkat kedua, kawasan tingkat kedua memiliki ukuran mencapai 100 x 115 meter (328 x 377 kaki). Menara di atas memiliki tinggi 65 meter (213 kaki) di atas tanah.

11. Tiger’s Nest Monastery – Bhutan

Paro Taktsang atau Tiger’s Nest Monastery adalah nama populer di dalam masyarakat Bhutan yang sebenarnya disebut sebagai Biara Taktsang Palphug (juga dikenal sebagai Sarang Harimau). Sebuah kuil terkemuka dari situs suci umat Buddha di Himalaya, kuil ini terletak di tebing bagian atas lembah Paro, Bhutan. Kompleks candi ini pertama kali dibangun pada tahun 1692, di sekitar wilayah Taktsang Senge Samdup, yaitu sebuah gua temppat dimana Guru Padmasambhava bermeditasi selama tiga bulan pada abad ke-8. Guru Padmasambhava dihargai oleh masyarakat Bhutan karena memperkenalkan Buddhisme ke negara Bhutan.

12. The Temple of Heaven – Tiongkok

the temple of heavenTian Tan atau The Temple of Heaven adalah bangunan untuk pemujaan agama Khonghucu & Tao yang terletak di kota Beijing dan Dibagun pada abad 15 M, lebih tepatnya mulai dibangun pada tahun 1420 M zaman kekuasaan (Dinasti Ming) dan dibuat di atas lahan seluas 2.700 KM². Arsitektur dari Tian Tan menyimbolkan hubungan antara bumi dan langit (manusia dan Tuhannya).

Hal ini berkaitan dengan mitos kaisar Cina sebagai anak langit dalam kepercayaan Mitologi Cina. Dibangun untuk persembahan bagi langit. Ini adalah alasan kenapa ukuran Kota Terlarang lebih kecil, karena kaisar Cina tidak berani membuat tempat tinggal yang lebih besar daripada kuil langit (Tuhan). Bangunan Tian Tan dikelilingi tembok yang sangat panjang. Di bagian sebelah utara dibuat agak bulat untuk menyimbolkan langit dan bagian sebelah selatan dibuat persegi untuk menyimbolkan bumi.

Sponsors Link

13. Candi Prambanan – Indonesia

candi prambananCandi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang adalah sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Letak candi ini persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten. Candi Prambanan dibangun pada sekitar abad 850 Masehi oleh salah satu dari kedua orang ini, yakni: Raja Rakai Pikatan adalah raja kedua wangsa Mataram I atau Raja Balitung Maha Sambu, semasa wangsa Sanjaya berkuasa. Di kompleks candi Prambanan Dewa Siwa lebih diutamakan dan lebih dimuliakan dari dua dewa Trimurti lainnya.

Candi Siwa sebagai bangunan utama sekaligus yang terbesar dan tertinggi, menjulang mencapai setinggi 47 meter. sedangkan dua candi lainnya yaitu Candi Brahma menyimpan arca Brahma dan Candi Wishnu menyimpan arca Wishnu yang tinggi berukuran hampir mencapai 3 meter. Ukuran dari candi Brahma dan Wishnu adalah sama, yakni lebar mencapai 20 meter dan tinggi mencapai 33 meter.

14. Wat Rong Khun – Thailand

Wat Rong Khun adalah kompleks candi bagi umat Buddha yang lebih dikenal oleh orang-orang asing atau masyarakat Thailand dengan sebutan Kuil Putih. Bangunan Wat Rong Khun merupakan sebuah pameran kesenian milik swasta, yang tak konvensional dan kontemporer. Dibuat dengan gaya bangunan seperti kuil Buddha dan kuil ini terletak di Provinsi Chiang Rai, negara Thailand. Kuil Wat Rong Khun dimiliki oleh Chalermchai Kositpipat, yang merancang, membangun, dan membuka kuil tersebut kepada para pengunjung luar negeri maupun dalam negeri pada tahun 1997. Tempat tersebut dibuka setiap tahun.

15. Shwedagon – Burma

Candi Terbesar di Dunia selanjutnya adalah candi Shwedagon. Shwedagon (Shwedagon Zedi Daw) juga dikenal dengan julukan Pagoda Emas oleh masyarakat Burma. Yaitu sebuah stupa atau pagoda tingginya mencapai 98 meter (321,5 kaki) yang dilapisi emas dan pagoda ini terletak di kota Yangon, negara Myanmar. Pagoda Shwedagon terletak di bagian sebelah barat wilayah Danau Kandawgyi, bukit Singuttara, dan dapat dilihat pemandangan pagoda ini dari kota Yangon. Stupa atau pagoda ini adalah yang paling suci bagi bangsa Burma karena banyak menyimpan relik Buddha terdahulu, yaitu sebuah tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama menurut Buddha historis.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 04:23 Oleh :
Kategori : Bangunan