16 Candi Terindah di Dunia Paling Menakjubkan

Sponsors Links

Candi adalah bangunan kuno yang berfungsi sebagai tempat ibadah atau perabuan raja-raja pada zaman dahulu. Candi merupakan peninggalan purbakala yang berasal dari dari peradaban agama Hindu dan Budha. Terkadang bangunan sejenis istana atau keraton, petirtaan (pemandian), dan gapura juga disebut dengan candi.

Candi Terindah di Dunia

Arsitektur dan bangunan candi yang satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan. Kebanyakan candi dihiasi dengan relief-relief yang menceritakan suatu kisah yang berkaitan dengan candi tersebut. Candi tidak hanya berada di Indonesia saja, candi juga tersebar di negara-negara lain di dunia. Berikut adalah ulasan beberapa candi terindah di dunia.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudurmerupakan salah satu candi Budha di Indonesia, dan merupakan salah satu candi di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan candi terdiri atas enam teras berbentuk segi empat yang di bagian atasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Dinding Candi Borobudur dihiasi  2.672 panel relief dan terdapat 504 arca Budha. Borobudur merupakan candi dengan koleksi relief Budha terbanyak dan terlengkap di dunia, serta candi atau kuil Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur juga menjadi salah satu warisan dunia yang diresmikan oleh UNESCO. Masa pembangunan Candi Borobudur tidak diketahui pasti, diperkirakan candi tersebut dibangun antara tahun 750-850 masehi oleh para penganut agama Budha Mahayana pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi di klaten dan candi Hindu di Indonesia, tepatnya di Kecamatan Sleman dan Klaten, Yogyakarta. Candi Prambanan juga sering disebut Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan juga termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan bisa jadi menjadi candi terbesar di dunia.  Menurut prasasti Siwagrha, Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan dan diteruskan oleh Balitung Maha Sambu pada masa Kerajaan Mataram Hindu. Dinding Candi Prambanan dihiasi relief yang menceritakan Ramayana dan Krishnayana. Selain relief-relief, Candi Prambanan juga dihiasi arca-arca seperti arca dewata dan brahmana.

3. Monumen Khajuraho

Candi Terindah di Dunia selanjutnya adalah Monumen Khajuraho yang merupakan sekelompok candi Hindu dan Jainisme yang berada di India, tepatnya di distrik Chhatapur, Madhya Pradesh. Monumen Khajuraho masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Di Monumen Khajuraho terdapat banyak bangunan kuil Hindu dan Jainisme periode pertengahan dengan patung-patung yang erotis. Monumen Khajuraho menjadi contoh dari seni arsitektur India karena beberapa patung dan reliefnya menggambarkan kehidupan seks masyarakat India kuno dan juga kehidupan sehari-hari masyarakat India kuno.

4. Candi Srirangam

Candi Srirangam merupakan candi Hindu terbesar yang berada di India, yang berlokasi tepatnya di Tamil Nadu. Candi Srirangam juga menjadi salah satu komplek keagamaan yang terbesar di dunia, dan sampai sekarang masih menjalankan kegiatan keagamaan Hindu. Tujuh dinding yang menjulang lebih dari 6 miles menutupi candi, dan tujuh dinding ini tertutup 21 Gopurams (menara). Yang menjadikan candi ini lebih terlihat megah adalah banyaknya pilar di dalam candi yang berjumlah 953 pilar.

Sponsors Link

5. Sri Harmandir Sahib

Sri Harmandir Sahib merupakan tempat ibadah dari kaum Sikh dan salah satu gurdwara tertua Sikh. Kuil ini berlokasi di bandar Amritsar, India. Sri Harmandir Sahib terkenal dengan sebutan The Golden Temple. Pembangunan kuil ini diprakarsai oleh Guru Ram Das yang merupakan guru ke empat pemimpin spiritual tertinggi Sikh. Pada tahun 1800-an, kuil dilapisi emas dan dilakukan penambahan lukisan fresco serta batu permata di bagia interiornya.

6. Kuil Matahari Konark

Kuil Matahari Konark merupakan sebuah kuil yang terletak di Konark, Orissa, India. Kuil Matahari Konark juga dikenal sebagai Pagoda Hitam. Kuil ini dibangun dari susunan batu pasir yang dioksidasi dan dilapukkan oleh Raja Narasimhadeva I (1238-1250 masehi) dari Dinasti Ganga Timur. Kuil ini masuk dalam situ warisan dunia UNESCO. Konon, kuil ini dibangun oleh anak Krishna yang bernama Samba. Samba terkena penyakit lepra karena dikutuk oleh ayahnya dan penyakit itu dirasakannya selama 12 tahun. Kemudian Samba diobati oleh Surya, Raja Matahari, yang kepadanya ia membangun Kuil Matahari ini.

ads

7. Kuil Tao

Candi Terindah di Dunia selanjutnya adalah Kuil Tao yang merupakan kuil terbesar yang ada di Tiongkok, China. Kuil Tao berasal dari masa Dinasti Song (960-1279 masehi). Arsitektur dan struktur bangunan Kuil Tao mirip dengan dua bangunan yang terletak di Kota Terlarang, Beijing, yaitu Palace of Heavenly Purity yang merupakan tempat tinggal para raja dan Palace of Earthly Tranquility yang merupakan rumah para ratu.

8. Tian Tan

Tian Tan merupakan tempat pemujaan agama Khonghucu dan Tao yang berlokasi di Beijing, China. Tian tan juga terkenal dengan nama Temple of Heaven. Bangunan ini didirikan pada tahun 1420 masehi tepatnya pada Dinasti Ming. Arsitektur bangunan menyimbolkan hubungan bumi dan langit, di mana dalam mitologi China kaisar berperan sebagai anak langit dan membangun kuil ini sebagai persembahan untuk langit (Tuhan).

9. Kuil Chion-in

Kuil Chion-in merupakan kuil terbesar bagi pemeluk sekte Jodo Budha di Jepang. Kuil ini dibangun pada tahun 1234 masehi oleh murid Honen yang bernama Genchi sebagai bukti penghormatannya. Selain menjadi pusat pengajaran dan keagamaan, kuil ini juga dijadikan museum untuk menyimpan benda-benda bersejarah seperti lukisan, kaligrafi, patung, dan kain sutra.

10. Shwedagon

Shwedagon merupakan stupa atau pagoda Budha yang memiliki ketinggian 98 meter dan berlapis emas yang berlokasi di Yangon, Myanmar. Shwedagon juga dikenal dengan nama Pagoda Emas. Di Shwedagon meyimpan relik Budha terdahulu, yaitu tongkat Kakusandha, saringan air Konagama, sepotong jubah Kassapa, dan 8 helai rambut Siddharta Gautama.

11. Wat Rong Khun

Wat Rong Khun merupakan sebuah kuil Budha yang terletak di Chiang Rai, Thailand. Wat Rong Khun juga dikenal dengan nama Kuil Putih. Kuil ini memiliki gaya arsitektur bernuansa surealis yang dipadu dengan detail arsitektur tradisional Thailand. Sesuai dengan namanya, kuil ini berwarna putih dan dihiasi patung-patung dengan detail ukiran yang rumit.

12. Taktshang Monastery

Taktshang Monastery, merupakan salah satu candi terindah di dunia yang berupa kuil Budha paling keramat yang berlokasi di pegunungan Himalaya, Bhutan. Konon pada abad ke-8, Guru Padmasambhava terbang mengendarai harimau dan kemudian bertapa di kuil ini. Tidak heran jika kuil ini juga terkenal dengan sebutan Tiger’s Nest.

13. Angkor Wat

Angkor Wat, merupakan kuil yang terletak di Kamboja, tepatnya di kota Angkor. Kuil ini dibangun pada pertengahan abad ke-12 oleh Raja Suryawarman II. Kawasan Angkor Wat dikelilingi dinding yang mengartikan lautan dan gunung yang mengelilingi dunia. Pada tahun 1992, Angkor Wat masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

Sponsors Link

14. Wat Chaiwatthanaram

Wat Chaiwatthanaram, merupakan kuil Budha yang berlokasi di Taman Sejarah Ayutthaya, Thailand. Wat Chaiwatthanaram adalah salah satu warisan dunia UNESCO. Kuil ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada ibu raja. Wat Chaiwatthanaram dibangun pada abad ke-17.

15. Pagoda Shwesandaw

Pagoda Shwesandaw, merupakan salah satu candi yang berada di Myanmar. Pagoda Shwesandaw dibangung pada tahun 1057 oleh Raja Anawrahta. Di beberapa bagian terdapat gambar patung Budha dan beberapa bunga lotus. Pagoda Shwesandaw terdiri dari lima tingkat. Di bagian puncak terdapat stupa yang berbentuk lonceng.

16. Haedong Yonggungsa Temple

Haedong Yonggungsa Temple, merupakan salah satu candi yang berada di Korea Selatan. Lokasi Haedong Yonggungsa Temple terletak di daerah pantai, sehingga wisatawan juga dapat menyaksikan ombak di lautan. Haedong Yonggungsa Temple dibangun sekitar tahun 1376 oleh seorang biksu pada Dinasti Goryeo.

Dengan adanya wisata candi terindah di dunia, diharapkan situs bersejarah ini tetap bisa terjaga keindahannya. Karena selain dinikmati keindahannya, situs-situs bersejarah ini juga merupakan wisata edukasi yang cukup bernilai.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Friday 10th, August 2018 / 03:31 Oleh :
Kategori : Bangunan