50 Peninggalan Bersejarah di Dunia Berserta Penjelasannya

Sponsors Links

Di dunia kita, banyak peninggalan terpendam yang menjadi bukti adanya peradaban kuno yang membawa kita menuju era sekarang ini. Peninggalan-peninggalan tersebut cenderung sangat berharga supaya kita mengetahui apa yang telah terjadi sebelum dunia yang diketahui sekarang ini terbentuk. Maka, berikut adalah 50 Peninggalan Bersejarah di Dunia beserta penjelasannya.

1. Borobudur (Indonesia)

Monumen yang terletak di Pulau Jawa ini merupakan tempat suci untuk Sang Buddha dan tempat untuk ziarah umat Buddha. Sebuah kubah utama yang terletak di pusat dari platform atas tersebut dikelilingi oleh 72 patung Buddha yang duduk dalam stupa berlubang. Borobudur juga termasuk dalam candi terindah di dunia.

2. Angkor Wat (Cambodia)

Candi ini dikabarkan menyaingi cand Borobudur yang terletak di Indonesia. Angkor Wat terletak di Angkor, Kamboja yang dibangun untuk raja Suryavarman II pada awal abad ke-12 sebagai kuil negara dan ibu kota.

3. Taj Mahal (India)

Taj Mahal merupakan sebuah makam yang terletak di Agra, India. Bangunan ini dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri kesayangannya, Mumtaz Mahal. Bangunan ini dianggap sebagai contoh terbaik dari arsitektur Mughal yang merupakan gaya gabungan dari Persia, India, dan Islam. Simak juga 15 peninggalan bersejarah di Jawa Barat.

4. Tembok Besar China (Cina)

Peninggalan Bersejarah di Dunia selanjutnya adalah Tembok Besar China. Tembok ini termasuk dalan salah satu keajaiban dunia yang dibangun pada masa Dinasti Qin, Han, dan Ming dengan panjang sekitar 8.851 kilometer. Sepanjang pembangunannya, sekitar 1 juta pekerja meninggal, dan akhirnya tembok ini mendapat julukan pemakaman terpanjang di bumi.

5. Forbidden City (Cina)

Istana kekaisaran Cina dari Dinasti Ming hingga akhir Dinasti Qing ini terletak di Beijingm, Cina. Selama hampir 5 abad, istana ini menjadi rumah Kaisar dan keluarganya serta menjadi pusat upacara dan politik dari pemerintahan CIna.

6. Terracotta Army (Cina)

Terracotta Army dibangun pada saat itu untuk mengenang jasa para prajurit yang tewas dalam perang. Hingga sekarang, telah ditemukan 3 area berisi tentara terracotta sebanyak lebi dari 8.000 tentara, 130 kereda dengan 520 kuda, dan 150 kuda kavelri.

7. Hanging Temple of Hengshan (Cina)

Candi unik ini terdapat di Cina dan dibangun di tebing. Selain merupakan salah satu atraksi wisata yang populer, situs ini juga merupakan situs sejarah di daerah Datong yang dibangun lebih dari 1.500 tahun yang lalu.

8. Leshan Giant Buddha (Cina)

Patung ini dikenal sebagai batu berukir Buddha terbesar di dunia. Dengan tinggi 71 meter, patung ini menggambarkan seorang Buddha Maitreya yang sedang duduk dengan tangan bertumpu di lututnya.

9. Meenakshi Sundareswarar Temple (India)

Candi Hindu ini terletak di kota suci Madurai, Tamil Nadu, India yang didedikasikan untuh Dewa Shiva dan istrinya, Dewi Parvati. Candi ini berbentuk jantung dan bertahan dari tahun 2500 di kota tua Madurai.

Sponsors Link

10. Wat Phra Kaew (Thailand)

Peninggalan Bersejarah di Dunia selanjutnya adalah Wat Phra Kaew di Thailand. Dianggap sebagai candi Budha paling suci di Thailand, Wat Phra Kaew terletak di pusat sejarah Bangkok, tepatnya di lingkungan Grang Palace. Candi ini tidak seperti candi pada umumnya yang memiliki tempat tinggal bagi para rahib, tetapi bangunan ini hanya dihiasi bangunan suci, patung, dan pagoda.

11. Wat Arun (Thailand)

Wat Arun juga merupakan sebuah kuil Buddha di distrik Bangkok Yai, Bangkok, Thailand. Tepatnya di tepi barat Sungai Chao Phraya.

12. Kinkaku-ji (Jepang)

Kuil Buddha yang terletak di Kyoto ini adalah salah satu pembangunan budaya Kitayama pada periode Muromachi. Kinkaku-Ji dibangun pada tahun 1397 yang digunakan sebagai vila pensiun bagi Shogun Ashikaga Yoshimitsu.

13. Yonaguni (Jepang)

Pada pantai selatan pulay Yonaguni, Jepang, terdapat reruntuhan terendam yang diperkirakan telah berusia sekitar 8.000 tahun. Reruntuhan tersebut dinamankan Yonaguni Monument Underwater Ruins.

14. Banaue Rice Terraces (Filipina)

Banaue Rice Terraces merupakan terasering padi tua yang berumur sekitar 2000 tahun. Terasering ini terukir di pegunungan Ifugao, Filipina oleh nenek moyang penduduk asli setempat.

15. Easter Island (Chile)

Pulau Paskah merupakan sebuah pulau Pulinesia di Samudra Pasifik Tenggara, yang kemudia dianeksasi menjadi sebuah wilayah khusus Chile pada tahun 1888. Pulau ini dikenal dengan adanya 887 patung monumental dan dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia.

ads

16. Machu Pichu (Peru)

Peninggalan Bersejarah di Dunia selanjutnya Machu Pichu yang merupakan situs Inca pra-Columbus yang dibangun sebagai kawasan untuk kaisar Inca Pachacuti. Machu Pichu juga sering disebut sebagai “The Lost City of the Incas” dan terletak 2.430 meter diatas permukaan laut.

17. Teotihuacan (Meksiko)

Teotihuacan adalah sebuah situs arkeologi di Cekungan Meksiko. Situs ini berisi beberapa struktur piramida yang dibangun di Amerika pra-Columbus. Selain struktur piramida, situs inijuga dikenal dengan komplek perumahan yang besar.

18. Palenque (Meksiko)

Palenque merupakan kota negara bagian Meksiko Selatan yang berkembang pada abad ke-7 Masehi. Reruntuhan bangunannya masih dapat ditemukan di Meksiko hingga sekarang.

19. Château de Chambord (Prancis)

Château de Chambord merupakan salah satu Châteaux yang paling dikenal di dunia karena gaya arsitekturnya yang sangat berbeda dengan Renaissance Prancis. Struktur yang memadukan bentuk-bentuk tradisional Perancis dengan struktur Italia klasik.

20. Chartres Cathedral (Perancis)

Chartres Cathedral merupakan sebuah katedral Katolik Ritus Latin yang terletak di Chartres, sekitar 80 km barat daya dari Paris. Katedral ini dianggap sebagai salah satu contoh terbaik di seluruh Prancis dengan gaya arsitektur Gothic.

21. Pont du Gard (Prancis)

Pont du Gard merupakan sebuah jembatan bangsa Kekaisaran Romawi yang masih berdiri hingga sekarang. Jembatan ini terletak di vers-du-Pont-Gard dekat Remoulins, di département Gard.

22. Acropolis of Athens (Yunani)

Acropolis di Athens, Yunani, merupakan acropolis paling dikenal di dunia, meskipun banyak acropolis yang ditemukan di Yunani.

23. Archaeological Site of Delphi (Yunani)

Archaeological Site of Delphi merupakan sebuah situs arkeologi dan kota modern Yunani si sebelah selatan – barat Gunung Parnassus di lembah Phocis.

24. Colosseum (Italia)

Colosseum dianggap sebagai salah satu karya terbesar dari arsitektur Romawi dan terletak di kota Roma, Italia. Colosseum digunakan untu kontes gladiator dan acara publik yang dapat menampung 50.000 prnonton sekaligus.

25. Grand Canal Of Venice (Italia)

Sebagai kota air yang terkenal di Italia, Venice memiliki sebuah koridor lalu lintas air yang terbesar di kota bernama Grand Canal. Banyak jasa untuk menikmati Grand Canal dengan menaiki gondola.

26. Pompeii (Italia)

Pompeii merupakan sebuah situs reruntuhan di Naples. Situs ini bercerita tentang sejarah kota Pompeii yang hancur dan terkubur kibat bencana letusan gunung berapi Veusvius pada abad 79 Masehi.

27. Piazza del Campo (Italia)

Piazza del Campo merupakan daerah pusat bersejarah Siena utama yang dibuka untuk publik di Toscana, Italia. Piazza ini juga merupakan salah satu tempat pemerintahan terbesar di abad pertengahan Eropa.

28. Hieronymites Monastery (Portugal)

Terletak di distrik Belem Lisbon, Portugal, Hieronymites Monastery yang megah ini dianggap sebagai salah satu monument yang paling menonjol di Lisbon. Biara ini juga merupakan salah satu prestasi paling berhasil dengan mengikuti gata Manueline (Portugis Gothic).

Sponsors Link

29. Alhambra (Spanyol)

Alhambra merupakan sebuah istana dan komplek benteng yang dibangun pada pertengahan abad ke-14 oleh penguasa Moor dari Granada Emirate di Al-Andalus. Istana ini berdiri megah hingga sekarang di Spanyol.

30. Chillon Castle (Swiss)

Kastil ini terletak di tepi Danau Jenewa, 3 km dari Montreux, Swiss. Kastil ini terdiri dari 100 gedung yang berdiri sendiri dan terhubung secara bertahap sehingga menjadi bangunan besar.

31. Stonehenge (Inggris)

Stonehenge merupakan minumen prasejarah berlokasi di daerah Wiltshire, Inggris. Situs ini merupakan salah satu situs paling terkenal di sunia dengan adanya baru melingkar mengelilingi sebua batu besar.

32. Piramida (Mesir)

Peninggalan Bersejarah di Dunia selanjutnya adalah Piramida di Mesir. Piramida diyakini merupakan makam untuk Firaun, dinasti ke-4 Mesir Khufu dan dibangun selama 20 tahun. Piramida Agung ini memiliki lebih dari 2,3 juta blok batu kapur.

33. Abu Simbel (Mesir)

Abu Simbel merupakan dalah satu Situs Warisan UNESCO yang terletak di Nubia, Mesir Selatan. Candi kembar ini awalnya dipahat dari gunung pada masa pemerintahan Firaun Ramses II pada abad 13 sebelum masehi. Abu Simbel juga merupakan 7 peninggalan peradaban Mesir kuno.

34. Karnak (Mesir)

Karnak ini terdiri dari konglomerasi besar candi hancur, kapel, tiang dan bangunan lain. Pembangunannya dimulai oleh Firaun Amenhotep III dan terletak di dekat Luxor.

35. Mortuary Temple of Hatshepsut (Mesir)

Sebagai monument Mesir kuno yang tak tertandingi, Mortuary Temple of Hatshepsut terletak di bawah tebing di Deir el Bahari di tepi barat Sungai Nil. Kuil ini didedikasikan untuk dewa matahari Amon-Ra. Simak juga sejarah Museum Al Quran di TMII.

36. Leptis Magna (Libya)

Kota ini merupakan kota peninggalan Kekaisaran Romawi yang terletak di Al Khums, Libya. Situs ini dikenal sebagai salah satu reruntuhan Romawi yan paling megah dan murni di Mediterania. Simak juga sejarah Museum Affandi.

37. Timbuktu (Mali)

Bangunan di kota Regio Timbuktu, Afrika Barat Mali, dibuat oleh kesepuluh mansa Kekaisaran Mali, Mansa Musa. Selain itu, Timbuktu merupakan modal intelektual dan spiritual serta pusat penyebaran Islam di seluruh Afrika pada abad ke 15 dan 16.

38. Monumen Petunjuk untuk Hari Kiamat (Amerika Serikat)

Monumen ini berdiri si daerah Hartwell, Georgia, AS dan merupakan monument paling aneh dan misterius di dunia. Pada batu monumennya terukir tulisan dari berbagai bahasa mengenai instruksi agar manusia yang selamat dari bencana besar dapat membangun peradabannya kembali.

39. Danau Michigan Stonehenge (Amerika Serikat)

Reruntuhan Stoneage kuno ini ditemukan di 40 kaki dibawah permukaan air di Danau Michigan. Reruntuhan ini diduga merupakan benda purbakala yang dibangun 10.000 tahun yang lalu. Simak juga sejarah Museum Linggarjati.

40. Kejaiban Bawah Laut Alexandria (Mesir)

Reruntuhan yang ditemukan di bawah laut Alexandria dipercaya merupakan kota Alexander Agung, dimana istana Cleopatra berada. Kota itu diperkirakan tenggelam 1.500 tahun yang lalu akibat gempa bumi. Di dalam istana tersebut terdapat artefak-artefak yang juga ikut tenggelam bersama dengan istananya.

41. Misteri Stones Baalbek (Libanon)

Stones Baalbek ini sebelumnya merupakan kuil Romawi kuni terbesar yang pernah dibangun dan kini hanya tertinggal reruntuhannya saja. Kuil ini dihancukan oleh Kaisar Bizantium Theodosius dan hingga sekarang masih ada 6 dari 54 kolom yang masih berdiri.

42. Tiga Lingkaran Batu Kuno Megalithic (Turki)

Di sebelah selatan Turki, terdapat tiga lingakaran batu megalitik yang berusia ribuan tahun dan bahkan lebih tua daripada batu lingakaran Stonehenge.

43. Great Zimbabwe Ruins (Zimbabwe)

Zimbabwe, Afrika juga memiliki reruntuha kota tua yang tertelah di pedesaan. Dulunya, area ini dihuni oleh 18.000 jiwa dan begitu besarnya reruntuhan ini membuar situsnya dinamakan Great Zimbabwe Ruins.

44. Chavín de Huantar Ruins (Peru)

Meskipun tidak setenar Machu Picchu, reruntuhan dari Chavin de Huantar juga merupakan salah satu situs warisan dunia menarik yang berisi sisa-sisa artefak yang dibangun oleh Chavin, Inca pra-budaya, sekitar 900 SM.

45. Menara Eiffel (Prancis)

Peninggalan Bersejarah di Dunia selanjutnya adalah menara eiffel. Menara Eiffel merupakan salah satu bangunan paling terkenal di dunia dan telah menjadi ikon kota Paris. Menara besi ini dirancang oleh Gustave Eiffel dan menjadi bangunan berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia.

46. Big Ben (Inggris)

Meskipun nama resmi dari bangunan ini adalah Elizabet Tower, dunia lebih mengenalnya dengan julukan Big Ben. Hal ini karena adanya jam besar beserta belnya di aas Istana Westminster, London.

47. Saint Basil’s Moskow (Rusia)

Gereja Ortodoks ini terletak di Red Square, Moscow, Rusia. Dibangun dari tahun 1555 – 1561. Saint Basil’s juga merupakan pusat geometris Moskow dan merupakan situs warisan dunia UNESCO.

48. Sagrada Familia Barcelona (Spanyol)

Sagrada Familia merupakan gereja besar Katolik Roma di Barcelona, Catalunya, Spanyol. Dirancang oleh Catalan Antoni Gaudi, bangunan ini dibangun dari 882 dan hingga sekarang masih ada bagian yang tidak lengkap. Gereja ini juga merupakan situs warisan dunia UNESCO.

49. Kamp Konsentrasi Auschwitz (Polandia)

Dikenal sebagai kamp konsentrasi peninggalan Nazi yang menjadi symbol genosida yang dilakukan terhadap kaum Yahudi, kamp ini masih berdiri hingga sekarang dan dijadikan sebagai obyek wisata yang mencekam.

50. Parthenon (Yunani)

Meskipun sudah tidak utuh lagi, Partenon tetap dikenal sebagai salah satu tempat bersejarah di dunia dan paling dikenal di seluruh Eropa. Kuil ini dibangun untuk didedikasikan kepada Dewi Yunani Athena tetapi dihancurkan dalam invasi Persia.

Itulah 50 peninggalan dunia yang sekarang menjadi obyek wisata ataupun masih dalam proses pembelajaran. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan dunia mengenai obyek peninggalan sejarah yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Monday 03rd, December 2018 / 04:13 Oleh :
Kategori : Dunia