Sejarah Benua Amerika Lengkap

Sponsors Links

Di antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik terdapat daratan yang sangat besar yang biasa disebut benua Amerika. Benua ini menempati urutan kedua dalam urusan besar wilayah. Total wilayah benua ini mencapai 42 juta kilometer persegi. Di dalam wilayah yang besar itu terdapat jumlah penduduk mencapai 1 milyar menurut data statistik tahun 2016. Sejarah Benua Amerika sendiri sudah berawal dari masa prasejarah hingga kini.

Pra Kolonisasi

Masa sebelum kolonial merupakan masa di mana manusia pertama datang ke Amerika. Orang-orang ini nantinya disebut penduduk asli Amerika, yang lebih dikenal dengan sebutan Suku Indian. Pembahasan sejarah pada masa ini berkutat dengan peradaban yang dibuat, dan juga migrasi mereka ke Amerika.

  • Migrasi ke Amerika

Paleo-Indian merupakan manusia yang pertama kali migrasi ke Amerika. Namun, waktu kedatangan, arah atau rute kedatangan masih jadi bahan penelitian dan diskusi hingga hari ini. Terdapat 2 teori tradisional mengenai rute kedatangan Paleo-Indian ke Amerika. Pertama, suku ini datang melalui Alaska pada 40.000-17.000 tahun lalu. Kedatangan mereka bersamaan dengan turunnya air laut saat itu. Mereka sampai di Amerika karena mengikuti arah alur tanaman purba Pleistocene Megafauna dari tempat asal mereka. Kedua, suku ini datang menggunakan perahu primitif dengan menyusuri Pantai Pasifik dan tiba di area Amerika Selatan. Mereka bermigrasi pada akhir jaman es.

Asal dari Paleo-Indian disetujui oleh para Arkeolog. Mereka disepakati berasal dari Asia Tengah berdasarkan penelitian para Arkeolog. Namun, waktu kedatangan tidak disepakati hingga saat ini. Waktu kedatangan 40.000-17.000 tahun lalu masih diperdebatkan, karena ada arkeolog yang berpendapat waktu kedatangannya terjadi pada 16.000-13.000 tahun lalu.

  • Litikum

Masa Litikum disebut juga dengan masa Paleo-Indian. Ini merupakan pengklasifikasian peradaban manusia di Amerika sebelum pra-sejarah. Nama litikum berasal dari penemuan pecahan batu litik yang dipipihkan. Pengkikis, peralatan batu, dan proyektil batu merupakan peralatan yang digunakan oleh masyarakat Amerika awal di tahun sebelum 8000 Masehi.

  • Arkais

Masa Arkais disebut juga masa Amerika Kuno. Zaman ini terjadi antara 8000-1000 SM atau beberapa ribu tahun setelah migrasi suku pertama ke Amerika. Zaman ini ditandai dengan adanya kebudayaan arkeologi yang lebih kompleks daripada jaman litikum, yaitu subsistem ekonomi agrikultur.

Di masa akhir zaman Arkais, terdapat peradaban yang amat terkenal dengan lokasi di Peru. Peradaban yang sudah cukup kompleks ini bernama Norte Chico yang dikenal juga sebagai Caral-Supe. Peradaban ini merupakan yang tertua di Amerika. Norte Chico masuk ke dalam 6 kota peradaban asli dan independen di masa dunia kuno. Peradaban ini 2.000 tahun lebih dahulu daripada Peradaban Mesoamerika Olmec dan sejaman dengan peradaban Mesir kuno yang dipimpin Menes.

Menurut beberapa Arkeolog pada tahun 1973, seafood merupakan sumber daya utama Norte Chico. Namun ini menjadi perdebatan. Sebagian Arkeolog lainnya berpendapat bahwa Norte Chico memiliki sumber daya utama pertanian. Ini karena terdapat banyak juga temuan di hasil bidang pertanian. Tanaman yang ditanam di Norte Chico adalah pacay, camote, lucuma, kapas, labu, jagung, jambu biji, kacang panjang, alpukat dan acira.Pada 2013, Haas menemukan bahwa jagung merupakan makanan utama dalam keseharian warga Norte Chico. Peradaban ini diperkirakan mengalami kemundurannya pada 1800 SM.

  • Mesoamerika

Kemunduran peradaban Norte Chico diikuti dengan berkembangnya peradaban lain. Namun ada juga yang memang sudah ada sebelum Norte Chico punah. Penyebabnya adalah peradaban Mesoamerika sudah eksis sejak tahun 2000 SM, sedangkan berakhirnya peradaban Arkais adalah pada tahun 1000 SM. Adapun perkembangan terakhir peradaban Mesoamerika adalah pada tahun 500 M. Namun, beberapa peradaban masih ada yang perkembangannya sejalan dengan peradaban masa klasik Amerika. Peradaban yang dimaksud tidak masuk ke peradaban masa klasik karena karakteristiknya lebih kepada peradaban masa Mesoamerika. Karakteristik peradaban Mesoamerika adalah sudah adanya teknologi pengrajin tembikar, penenunan, dan peningkatan kapasitas produksi makanan.

Peradaban Mesoamerika yang dimaksud ialah :

  1. Aymara, Pachamac, Tiahuanaco, Chimu, Quitu, Canaris, Moche, Huari, Chavin, dan Nazca di barat Hemisphere
  2. Inca di Andes Tengah
  3. Tainos di Republik Dominika dan sebagian Karibia
  4. Muisca di Colombia
  5. Maya, Olmec, Toltecs, Mixtecs, Aztecs, Zapotecs, dan Purepecha di Amerika Utara

Artikel Terkait :

Ringkasan penjelasan masing-masing peradaban Mesoamerika adalah sebagai berikut :

Peradaban Olmec merupakan peradaban  Mesoamerika yang dimulai sekitar 1600-1400 SM dan berakhir pada 400 SM. Peradaban ini sudah ada sebelum peradaban Arkais punah. Peradabannya berada di wilayah Guatemala dan Meksiko. Beberapa peninggalannya yang terkenal diantaranya adalah Kepala Olmec No.3 yang diperkirakan berasal dari tahun 1200-900 SM, Patung The Wrestler 1400-400 SM, dan Topeng Jadeite Olmec 1000-600 SM.

Peradaban Chavin diambil dari nama situs arkeologi Chavin de Huantar yang masuk ke dalam daftar situs heritage dunia milik UNESCO. Peradaban ini berkembang di Pegunungan Andes yang masuk wilayah Peru. Peradaban ada sekitar tahun 900-250 SM. Salah satu peninggalan yang terkenal dari peradaban Chavin adalah Terompet Strombus-Shell.

Peradaban Nazca kuno ada dari tahun 100 SM – 800 M. Peradaban kunonya memang punah, tetapi kotanya masih tetap ada dan sekarang ini sudah modern. Peradaban ini berkembang di sepanjang pantai selatan Peru. Peninggalannya yang terkenal adalah lukisan Nazca Lines, dan juga bangunan Akuaduk yang masih berfungsi hingga saat ini.

ads

Sama seperti Nazca kuno, peradaban Moche kuno punah. Namun, kota Moche terus berkembang dan menjadi salah satu kota modern di Peru. Peradaban Moche Kuno dimulai tahun 100 SM dan berakhir tahun 700 M. Beberapa peninggalan bersejarah yang terkenal dari peradaban ini adalah ornamen bulan sabit dengan kelelawar, anting emas dengan batu berharga, patung resting deer, pot pejuang Moche, dan kerajinan wool Alpaca.

Huari merupakan bahasa Spanyol dari Peradaban Wari. Lokasi wilayahnya berada pada pegunungan Andes bagian tengah selatan dan juga pantai yang masuk negara Peru. Peradaban ini dimulai dari tahun 500 M dan berakhir pada tahun 1000 M. Peninggalan bersejarahnya yang terkenal diantaranya topi empat sudut, dan juga monolith Wari.

Orang Quitu merupakan penemu dari ibukota Ekuador yang bernama Quito. Peradaban Quitu merupakan peradaban Mesoamerika yang paling lama eksis. Peradaban ini sudah ada dari tahun 2000 SM dan berakhir ketika Spanyol menginvasi kota pada tahun 1524. Peninggalan bersejarah peradaban ini terkenal akan barang-barangnya yang menggunakan emas, sehingga banyak dicuri.

Orang-orang Canari masih ada sampai sekarang dan hidup di Ekuador. Tepatnya di Azuay dan Canar. Peradaban Canaris diketahui ada pertama kali dari sejarah Suku Inca. Canaris merupakan musuh dari Suku Inca. Peradaban kuno ini ada dari tahun 500 M hingga 1533 M. Kebudayaan peradaban Canaris kuno banyak yang hilang karena asimilasi budaya dengan pendatang Spanyol yang menolong mereka dari penjajah Inca. Bangunan kunonya, hanya menjadi situs purbakala. Kebanyakan bangunan kunonya merupakan campuran budaya Inca dan Canaris. Ini terjadi karena daerah Canaris pernah menjadi bagian dari Inca. Peristiwa ini terjadi setelah Canaris kalah dari Suku Inca ketika suku ini menginvasi daerah mereka.

Peradaban kuno yang berpusat di Chimo dan pusat kotanya di Chan-Chan bernama peradaban Chimu. Sekarang ini, wilayah peradaban ini bernama Trujillo yang merupakan bagian negara Peru. Peradaban ini ada dari tahun 1100-1470 M. Peradaban ini hilang ketika suku Inca mencaplok daerah mereka pada tahun 1470 M.  Banyak peninggalan dari Chimu berupa keramik dan kerajinan emas.

Pachachamac merupakan peradaban kuno yang berada di daerah Lima, Peru. Peradaban ini muncul pertama kali sekitar tahun 200 M dan berakhir 1300 tahun setelahnya ketika bangsa Spanyol melakukan invasi. Kini tempat bekas peradaban Pachachamac menjadi situs arkeologi. Peradaban ini merupakan salah satu peradaban yang terkena invasi Suku Inca. Peninggalan bersejarah  paling dikenal dari peradaban ini adalah piramid.

Tiahuanaco merupakan bahasa Spanyol dari Tiwanaku. Ini adalah peradaban kuno yang ada di bagian barat negara Bolivia. Peradaban ini diketahui pertama kali dari cerita sejarah orang Spanyol yang bernama Pedro Cieza de Leon. Diceritakan ia menemukan reruntuhan peradaban ini pada tahun 1549 ketika mencari ibukota Suku Inca. Peradaban ini sudah ada semenjak 1500 SM. Namun, kehancuran peradaban ini belum diketahui pasti tahunnya. Bangunan yang terkenal dari peradaban ini adalah Gate of the Sun.

Aymara atau Aimara merupakan peradaban yang bermukim di Andes. Peradaban kuno ini ada dari 600 M sampai 1400 M. Pada tahun 1400 M, mereka menjadi bagian dari Inca. Keturunan dari peradaban kuno Aymara menyebar di Peru, Cili, Bolivia, Argentina, dan juga Spanyol. Peninggalan yang masih digunakan hingga sekarang adalah bahasa Aymara.

Inca merupakan peradaban kuno yang pada saat ini wilayahnya berada di negara Argentina, Chili, Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan juga Peru. Peradaban ini adalah yang terbesar pada zamannya. Agresifitas dari Suku Inca lah yang mengakibatkan wilayahnya luas dari hasil mencaplok wilayah peradaban lainnya. Peradaban muncul dari tahun 1483-1533 M. Peradaban Suku Inca kuno berakhir akibat invasi dari bangsa Spanyol. Ada peninggalan Inca yang masih dipakai sampai sekarang, yaitu tanaman koka yang digunakan untuk pengobatan.

Peradaban Muisca kuno menempati Pegunungan Andes yang masuk ke wilayah Kolombia. Peradaban ada dari tahun 1200 M sampai 1500 M. Peradaban kuno ini musnah ketika Spanyol menyerang. Namun, keturunan orang Muisca masih ada dan berdiam di Kolombia. Muisca merupakan salah satu dari empat peradaban paling maju Mesoamerika. Peninggalan yang paling dikenal dari peradaban ini adalah rakit Muisca.

Wilayah Tainos diketahui berada di negara Kuba, Jamaika, Trinidad, Republik Dominika, Haiti, Antilles Kecil, Antiles Besar, Puerto Rico, dan juga Bahama. Masyarakatnya dinamakan orang Lucayan. Mereka adalah orang asli Karibia dan Florida. Peradaban ini tidak diketahui kapan dimulainya. Namun, berakhirnya sekitar tahun 1500 M ketika Spanyol menginvasi. Duja yang merupakan kursi kayu ala Tainos adalah salah satu peninggalan terkenal peradaban ini. Keturunan orang Taino kuno masih ada. Mereka terus berusaha untuk merevitalisasi peninggalan kebudayaan Taino kuno.

Peradaban Suku Maya berkembang mulai tahun 750 SM. Kota terakhir, Nojpeten,  peradaban suku ini hancur pada tahun 1697 ketika Spanyol melakukan invasi. Peradaban Suku Maya berkembang di wilayah Mexico, Belize, Guatemala, El Salvador dan Honduras. Suku Maya memiliki peninggalan bangunan yang besar-besar. Upacara spiritual suku ini terkenal. Upacara yang paling terkenal ialah Upacara Persembahan Manusia.

Suku Toltec memulai peradabannya pada tahun 900 M hingga 1168 M. Peradaban suku ini diakui oleh Suku Aztek sebagai peradaban orang-orang pintar pada zaman Mesoamerika. Suku ini meninggalkan piramid, patung, dan juga relief sebagai peninggalannya.

Suku Mixtec adalah orang Mexico yang menempati wilayah Puebla, Oaxaca, dan juga La Mixteca. Peradaban suku ini diperkirakan telah ada dari tahun 1100 M  dan berakhir di tahun 1600 M ketika Spanyol melakukan invasi ke tanah mereka. Peninggalan yang terkenal berupa topeng dan juga kuburan.

Suku Zapotec mendiami wilayah Oaxaca Mexico dari tahun 600 SM. Peradaban Suku Zapotec punya ibukota sebanyak 3 kali sebelum peradabannya hancur. Ibukota pertama bernama Monte Alban dari tahun 700 SM sampai 700 M, lalu berganti menjadi Mitla dari 700 M – 1400 M, dan terakhir berganti menjadi Zachila-Yoo dari 1400 M sampai 1521 M. Peradaban kuno ini musnah pada tahun 1563 setelah penyerangan Spanyol terus menerus dari tahun 1521. Sisa patung dan juga bangunan Zapotec masih tersisa untuk dinikmati di situs arkeologi dan juga museum.

Aztec merupakan suku yang mendiami Mexico bagian tengah dari tahun 1400 sampai 1600 M. Sama seperti Maya, dan juga Inca, Suku ini memiliki peradaban yang besar. Suku Aztec merupakan gabungan dari tiga kekuatan yang berasal dari kota kuno Texcoco, Tlacopan, dan juga Tenochtitlan. Sama seperti suku Maya, suku ini menerapkan upacara pengorbanan manusia. Peradaban suku ini hancur karena invasi Bangsa Spanyol.

Purepecha merupakan suku kuno yang mendiami wilayah Michoacan, yakni negara bagian di utara Mexico. Orang-orangnya dinamakan Tarascan. Keturunan suku kunonya masih ada dan menyebar di Mexico. Bahasa Purepecha masih ada dan dipertahankan oleh keturunannya. Peradaban suku ini ada dari tahun 1400-1530 M. Peradaban ini juga terkena invasi Bangsa Spanyol.

  • Klasik

Peradaban yang masuk ke dalam masa klasik benua Amerika, awal mula berkembang dari tahun 800 M dengan perkembangan terakhir di tahun 1533 M. Karakteristik peradaban yang masuk ke dalam masa klasik Amerika ialah peradabannya sudah menerapkan spesialisasi terhadap pembuatan kerajinan, sudah mengenal teknologi metalurgi, sudah ada budaya urbanisasi, kebudayaan teokrasi diterapkan, dan mengenal pusat perayaan yang besar. Peradaban ini sejalan dengan beberapa peradaban masa Mesoamerika. Ada peradaban masa klasik yang masih ada ketika masa kolonial berlangsung. Peradaban yang masuk masa klasik Amerika adalah :

  1. Cahokia
  2. Pueblo People
  3. Chichimeca
  4. Haudenosaune

Penjelasan ringkasan mengenai empat peradaban masa klasik yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Suku Cahokia mengawali perkembangan peradabannya pada tahun 600 M. Peradabannya hilang pada tahun 1400 M. Suku ini menempati wilayah sepanjang Sungai Missisipi ketika mengembangkan peradabannya. Peninggalannya yang menjadi Situs Heritage UNESCO bernama Cahokia Mounds. Peradaban ini berakhir karena banjir, penyakit, , politik negara dan kekurangan sumber daya. Namun, penyebab utamanya ditengarai sebagai politik dan banjir.

Pueblo People atau orang Pueblo merupakan suku yang mendiami Amerika Serikat bagian selatan. Bangunan suku ini didominasi oleh batu dengan tambahan bahan lain. Bangunan dibuat dengan beberapa ruangan yang dibentuk seperti apartemen yang kompleks dan dibuat dengan fungsi untuk pertahanan. Orang Pueblo masih ada hingga kini dan masih mempertahankan budaya kunonya, tetapi peradaban masyarakatnya telah hancur ketika invasi Spanyol berlangsung. Peradaban ini sendiri mulai berkembang dan memiliki pemerintahan sejak tahun 700 M.

Suku Chichimeca merupakan suku yang memiliki budaya semi nomaden yang menempati wilayah Mexico. Awal mula perkembangan peradaban suku ini tidak diketahui. Suku ini diketahui eksis karena melakukan kontak dengan tentara Spanyol yang sedang melakukan invasi. Berakhirnya peradaban suku ini terjadi pada tahun 1721 ketika wilayah kekuasaannya masuk ke dalam New Spain.

Orang-orang Haudenosaune dinamakan juga orang Iroquois atau orang dengan rumah panjang. Suku ini terdiri atas klan-klan suku Indian, seperti klan Onelga dan juga Mohawk. Suku ini suka bermigrasi dan menginvasi daerah kekuasaan suku lain. Suku ini memulai peradabannya tahun 1142, dan kehilangan tanahnya pada tahun 1812 setelah revolusi Amerika usai.

Artikel Terkait :

Kolonisasi Eropa

  • Kolonisasi

Invasi bangsa Eropa ke tanah Amerika mengawali dari masa Kolonisasi Eropa di Benua Amerika. Peristiwa ini bermula di tahun 1000 M ketika bangsa Viking memulai invasinya ke Amerika. Mereka membuat bangunan Viking di Newfoundland, tetapi tidak sampai menguasai tanah Amerika. Tidak jelas nasib bangsa Viking ini di Amerika setelah menancapkan kukunya di Amerika. Invasi bangsa Eropa ke Amerika diteruskan oleh Spanyol pada 1492. Invasi diawali oleh eksplorasi Christopher Colombus. Penemuan benua Amerika oleh dirinya langsung cepat tersebar ke Eropa Barat. Penemuan ini yang pada akhirnya membawa kehancuran banyak peradaban suku Indian. Kedatangan Spanyol diteruskan dengan kedatangan bangsa Perancis, Belanda, Denmark, Portugis, Rusia dan juga Inggris.

Banyak koloni yang dibentuk oleh masing-masing Bangsa Eropa. Namun, ada 13 koloni yang terkenal setelah invasi Bangsa Eropa, yakni :

  1. Koloni Brazil
  2. Kolonisasi Spanyol atas Amerika
  3. Kolonisasi Portugis atas Amerika
  4. Perancis Baru
  5. Belanda Baru
  6. Captaincy General Venezuela
  7. Danish Antilles
  8. Britania Amerika Utara
  9. Captaincy General Guatemala
  10. Spanish Antilles
  11. Daratan Utama Spanyol
  12. Viceroyalty Peru
  13. Viceroyalty Spanyol baru
Sponsors Link

  • Dekolonisasi

Dekolonisasi dimulai dengan deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat yang terjadi pada tahun 1776. Revolusi Amerika pun dimulai dan pada akhirnya berakhir pada tahun 1783. Koloni lain mengikuti praktik dekolonisasi pada abad 18 dan 19, seperti seluruh koloni Spanyol, seluruh koloni Portugal, beberapa koloni Perancis, seluruh koloni Rusia dan beberapa koloni Inggris. Pada abad 20, dekolonisasi terjadi pada beberapa koloni Inggris dan Belanda. Praktik koloni Bangsa Eropa masih terjadi hingga kini. Negara Eropa yang masih mempunyai koloni di Benua Amerika adalah Perancis, Inggris, Belanda, dan Denmark.

  • Perbudakan

Kolonisasi membawa dampak buruk perbudakan. Praktik ini terjadi di seluruh koloni. Tidak hanya budak dari suku Indian saja yang dipekerjakan di koloni Benua Amerika, tetapi juga budak dari koloni lain yang tersebar dari pelbagai belahan dunia. Konsep perbudakan di Benua Amerika diberlakukan dalam memanen komoditas pertanian seperti kapas, gula tebu dan juga tembakau.

Artikel Terkait :

Abad 20

  • Amerika Utara

Pada awal abad ke-20, Kanada yang berlokasi di Amerika Utara  masih bagian dari Inggris Raya. Negara ini dipaksa ikut berperang dalam membantu Inggris di Perang Dunia I. Negara Amerika Serikat yang berdiri atas perserikatan negara-negara bagian ikut andil dalam Perang Dunia I. Negara Mexico sendiri tidak ikut Perang Dunia. Pada tahun 1929, negara Kanada dan Amerika Serikat mengalami krisis akibat kegagalan Wall Street. 1936-1949 terjadi konflik internal di negara Mexico. 1942, Amerika Serikat dan Kanada berperang dalam Perang Dunia II. Mexico tetap memilih tidak ambil bagian dalam Perang Dunia. Setelah Perang Dunia II, Kanada, Amerika Serikat dan Mexico berkoalisi dalam Perang Dingin. Bersamaan dengan itu terjadi Revolusi di Kanada, dan Mexico mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Setelah Perang Dingin, pada tahun 1994 NAFTA dibentuk oleh ketiga negara tersebut untuk membantu memakmurkan ekonomi ketiga negara.

  • Amerika Tengah

Pengadilan Amerika Tengah dibentuk pada awal abad-20, yaitu tahun 1907. Tahun 1960 kerjasama ekonomi antara El Salvador, Guatemala, Honduras dan Nikaragua terbentuk. Kerjasama ini dinamakan Central American Common Market. Kerjasama ini berakhir setelah El Salvador dan Honduras berperang pada tahun 1969. Pada 1991, Parlemen Amerika Tengah dibentuk dengan anggota hampir semua negara Amerika Tengah, terkecuali Kosta Rika.

  • Amerika Selatan

Argentina, Cili, Brazil, dan Uruguay pemerintahannya diatur oleh Amerika Serikat pada tahun 1960-an hingga 1970-an. Tahun 1980-an hingga 1990-an, Peru mengalami konflik internal. Awal abad 21, Argentina hampir bangkrut karena krisis ekonomi. Demi mengantisipasi peristiwa ekonomi yang buruk seperti di Argentina terjadi di negara Amerika Selatan lainnya, maka dibentuklah Persatuan Negara Amerika Selatan. Persatuan ini dibentuk menyerupai Masyarakat Ekonomi Eropa dalam hal ekonomi dan politik.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 12th, January 2017 / 03:30 Oleh :
Kategori : Dunia