16 Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sponsors Links

Bangsa indonesia telah dijajah oleh bangsa lain selama lebih dari 350 tahun. Segala perjuangan yang dilakukan para pemuda untuk mengusir penjajah selama bertahun – tahun membuahkan hasil pada masa penjajahan jepang setelah jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dan indonesia dalam keadaan itu berada dibawah kekosongan kekuasaan sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia untuk meproklamasikan kemerdekaan. Tepat pada tanggal 17 agustus 1945 pada jam 10 pagi bangsa indonesia memplokamirkan kemerdekaannya.

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia menjadi peristiwa paling bersejarah bagi masyarakat, sebab itu adalah awal bangsa indonesia memasuki kehidupan baru mengatur pemerintahannya sendiri dan terbebas dari penjajahan serta melakukan usaha untuk menjaga kemerdekaan.  Proklamasi kemerdekaan indonesia memilki makna penting baik bagi pemerintahan indonesia maupun bagi warga negara indonesia berikut ini makna proklamasi indonesia

1. Cita – Cita para pejuang

Proklamasi kemerdekaan indonesia merupakan cita – cita para pahlawan pejuang bangsa dari lama, setelah berhasil merdeka hal ini memiliki makna bahwa perjuangan yang panjang dan penuh penderitaan telah terbayarkan dengan kemerdekaan pada 17 agustus 1945, bisa saja bila hari itu indonesia tidak berhasil merdeka, kita tidak akan tau apakah hari ini kita masih berperang dengan penjajah atau menjadi bagian dari negara lain bukan negara Indonesia.

2. Lahirnya Negara Indonesia

Setelah proklamasi kemerdekaan akan menjadi awal baru lahirnya sebuah negara yaitu Negara Indonesia. Dengan ini warga negara indonesia akan menjalani babak baru berada didalam pemerintahan sendiri serta memulai kerja keras mendukung segala proses untuk membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan rumusan – rumusan dasar negara.

3. Puncak Perjuangan

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah menjadi pinjak perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan. Selama masa kolonialisme belanda hingga penjajahan jepang sudah tidak terhitung lagi berapa banyak sumberdaya alam indonesia yang berhasil di eksploitasi oleh keserakahan asing. Demi kemakmuran bangsa asing banga indonesia sendiri mengalami segala bentuk tindakan yang diluar dari rasa kemanusiaan, sebagai contoh yang banyak dikenal yaitu kerja paksa.Proklamasi kemerdakaan menjadi makna sebagai puncak dari segala perjuangan masyarakat indonesia dari jeratan penjajah yang selanjutnya negara indonesia akan bebas dari jeratan penjajah dan bisa mengatur hidup sesuai dengan norma dan adat budaya indonesia sesuai nilai luhur yang ada serta mengolah sumber daya alamnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

4. Berakhirnya Penderitaan rakyat

Dari berbagai makna yang ada makna proklamasi yang paling mudah dimengerti adalah berakhirnya penderitaan rakyat. Sudah lama sekali bangsa indonesia berada dalam cengkraman bangsa penjajah yang tidak memiliki rasa kemanusiaan dari sejarah kelam penjajahan belanda dengan kerja rodi serta romusha pada penjajahan jepang sudah amat menderita rakyat indonesia saat itu.

5. Awal baru untuk sebuah pemerintahan

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia selanjutnya yaitu sebagai awal baru sebuah pemerintahan, sangat tepat sekali dengan berdirinya suatu negara banyak sekali yang harus dilakukan yaitu menentukan kepala pemerintahan, bentuk negara serta dasar hukum dari negara itu sendiri. Sebelum proklamasi telah dibentuk 2 lembaga yang menangani masalah sistem pemerintahan yaitu BPUPKI dan sejarah pembentukan PPKI yang dalam kerjanya menghasilkan :

Sponsors Link


Hasil Sidang BPUPKI
Sidang Pertama Sidang Kedua
Merumuskan dasar negaraRancangan UUD 1945
Terbentuknya Panitia KecilPembahasan tentang wilayah kepulauan indonesia
Disepakati isi dasar negara yang berada dalam piagam jakarta

Hasil sidang PPKI
Sidang Pertama Sidang KeduaSidang Kedua
Mengesahkan UUD 1945 pembentukan Pemerintahan Daerah 8 provinsimenetapkan KNIP
Memilih Ir. Soekarno seabgai keapala negarapembentukan pemerintahan daerahPembentukan PNI
Membentuk Komite Nasionalpembentukan 12 kementrian dan 4 menteri negara dan membentuk Tentara Membentuk BKR (badan keamanan rakyat)

6. Menaikkan Harkat Martabat Bangsa

Sangat jelas dengan merdekanya suatu negara membuat harkat dan martabat naik, sebab negara tersebut sudah lepas dari penjajahan dan merdeka sehingga derajatnya akan sama dengan negara – negara yang telah merdeka, ini merupakan makna berharga untuk bangsa indonesia karena menjadi awal mula mengepakkan sayap untuk ikut maju dan berkembang seperti negara lain. Maju tidaknya bangsa indonesia setelah merdeka sangat dipengaruhi oleh dukungan rakyatnya, sehingga saat ini meski telah merdeka selama puluhan tahun rakyat indonesia masih sangat semangat untuk menjaga keutuhan bangsa indonesia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya netizen yang selalu mengikuti perkembangan kemajuan pembangunan di Indonesia dengan menyampaikan komentarnya.

ads

7. Pembaruan hukum

Negara yang telah merdeka tentunya memiliki aturannya sendiri sama halnya ketika indonesia telah merdeka, indonesia sudah tidak menganut sistem hukum kolonialisme, Negara indonesia membentuk sistem hukumnya yang berdasarkan pada pancasila dan Undang Undang dasar 1945.

8. Pernyataan De Facto Negara

Proklamasi kemerdekaan yang terjadi pada 17 Agustus 1945 merupakan suatu bukti bahwa negara indonesia dinyatakan merdeka sehingga hak ini memiliki makna bahwa negara indonesia secara defacto sudah merdeka, untuk memenuhi syarat pengakuan de facto terdapat unsur-unsur yang harus terpenuhi yaitu adanya wilayah negara, adanya rakyat yang mendiami negara tersebut dan terdapat pemimpin pada negara tersebut. Negara indonesia setelah merdeka telah memenuhi unsur – unsur tersebut.

9. Penerapan kedaulatan

Makna selanjutnya yaitu penerapan kedaulatan, setelah dinyatakan merdeka suatu negara harus menerapkan fungsi kedaulatan, Negara indonesia memiliki dua sistem kedaulatan yaitu Kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar. Kedaulatan ke dalam adalah negara indonesia melakukan kedaulatan di dalam wilayah negara indonesia sebab indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dari sabang sampai merauke. Sedangkan Kedaulatan keluar yaitu melakukan kerja sama dan berperan aktif dalam politik luar negeri serta indonesia memiliki prinsip bebas aktif tidak memblok suatu negara.

10. Makna Sejarah

Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna sejarah yang berarti bahwa proklamasi kemerdekaan menjadi awal baru indonesia memulai membangun negara dengan mandiri tanpa intervensi maupun jajahan negara lain.

11. Makna spiritual

Keberhasilan dalam mencapai kemerdekaan memiliki makna bahwa kemerdekaan yang telah dicapai tidak hanya semata – mata karena perjuangan melainkan anugerah tuhan yang melancarkan segala urusan sehingga kemerdekaan indonesia dapat dicapai saat itu, semua keberhasilan maupun kegagalan harus selalu di sikapi dengan rasa syukur. Dalam peristiwa proklamasi segenap rakyat indonesia mengucapkan syukur kepada tuhan sebab cita – cita perjuangan yang dilakukan selama masa penjajahan akhirnya tercapai pada waktu itu. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya rakyat yang hadir dalam acara proklamasi dan rakyat di wilayah lain mendengarkan lewat radio.

12. Kesempatan Untuk Maju

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah kesempatan bagi bangsa indonesia untuk semakin maju. Senada dengan adanya kedaulatan negara. Negara indonesia yang memiliki sistem kedaulatan keluar yang menganut asas politik luar negeri bebas aktif akan membuat negara indonesia sebagai negara yang netral hal ini akan membuat negara indonesia tidak berserikat hanya dengan satu kubu sehingga memiliki kesempatan dan menjalin hubungan yang baik dengan banyak negara. Hubungan internasional yang baik dapat membantu bangsa indonesia saat membutuhkan bantuan contohnya bantuan ekonomi, batuan pangan seperti impor bahan pangan yang tidak ada bisa dicukupi oleh produksi dalam negeri serta mengekspor hasil produksi yang lebih dari kebutuhan.

Selain itu rakyat indonesia saat masa penjajahan tidak hanya dijajah mereka juga menjadi mengerti dengan sistem pertanian dan perkebunan serta macam- macam tanaman, di lain sisi juga di latih untuk menjadi seorang prajurit dan diberikan ilmu – ilmu dari bangsa penjajah. Hal ini secara tidak langsung memberi bekal kepada rakyat indonesia sehingga ketika merdeka ilmu yang telah didapat dapat dikembangkan dan memunculkan penemuan – penemuan baru.

Sponsors Link

13. Usaha Pertahanan Negara

Usaha pertahanan negara sudah tidak asing lagi bagi rakyat indonesia yang telah merdeka saat itu, sebab rakyat indonesia tidak ingin kembali dijajah oleh bangsa lain setelah merdeka sehingga proklamasi kemerdekaan memiliki makna untuk kembali mebangkitkan semangat rakyat untuk dapat berperan aktif dalam usaha pertahanan negara. Hal ini dibuktikan setelah proklamasi kemerdekaan masih ada banyak tantangan yang dihadapi bangsa indonesia seperti :

  • Datangnya bangsa asing untuk mengakui wilayah indonesia
  • Usaha – usaha perpecahan dari dalam negara indonesia sendiri yang dikenal sebagai gerakan separatis.
  • Percobaan untuk mengganti dasar hukum pancasila menjadi komunis.

Dari banyaknya tantangan besar tersebut masyarakat masih semangat untuk membantu usaha pertahanan negara saat itu yaitu dengan bergabung dalam Tentara keamanan rakyat pada saat itu yang sekrang menjadi TNI, serta melakukan perlawanan – perlawanan lain.

14. Awal Kerjasama Internasional

Proklamasi Indonesia diakui secara de facto akan tetapi negara indonesia masih harus mendapat pengakuan dari negara lain bahwa negara indonesia telah merdeka, sehingga hal ini menjadi awal kerjasama internasional. Indonesia dengan politik bebas aktif yang telah disinggung pada bagian sebelumnya membuatnya semakin lancar dalam menjalin hubungan bilateral maupun internasional, contohnya yaitu Indonesia menjadi anggota PBB, serta anggota dalam ASEAN, dan banyalk lagi organisasi internasional yang telah di ikuti oleh negara indonesia dari dulu hingga sekarang

15. Penerapan Dasar hukum pancasila

Makna selanjutnya yang paling utama dan masih relevan sampai saat ini yaitu makna proklamasi indonesia menjadi awal penerapan dasar hukum pancasila, karena para founding father merumuskan pancasila dari hasil cerminan sikap – sikap masyarakat. Dipilih secara relevan agar tidak kaku dan sesuai hal ini penting sebab indonesia terdiri dari banyak pulau, banyak suku, banyak budaya, ban perbedaan aliran agama membuat negara indonesa membutuhkan dasar hukum yang dapat menyatukan perbedaan. yang dibuktikan dengan suatu semboyan yang tertulis di bawah cengkraman burung garuda pancasila yaitu ” bhinneka tunggal ika” yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu.

16. Makna Pembangunan Ekonomi

Selanjutnya Makna dari proklamasi kemerdekaan yaitu pembangunan ekonomi, tidak ada negara yang berdiri tanpa menjamin kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya. Negara indonesia mengatur segala sumberdaya alam yang dikelola sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat bahkan pengemis maupun pemulung yang berada dalam negara indonesia merupakan tanggung jawab negara, hal ini tercantum dalam undang – undang dasar 1945. Selain itu setekah kemerdekaan terdapat pembangunan ekonomi saat itu terdapat sistem ekonomi yang sesuai dengan karakteristik masyarakat indonesia yang di cetuskan oleh Mohammad Hatta yaitu Sistem Koperasi.

Demikian uraian dari makna proklamasi kemerdekaan indonesia. Semoga dengan mengetahui makna proklamasi kemerdekaan indonesia, semakin meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap negara indonesia sehingga semakin menjujung tinggi nasionalisme.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 11th, August 2018 / 03:25 Oleh :
Kategori : Kemerdekaan