Sejarah Microsoft Word dari Awal Terbentuk

Sponsors Links

Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Word. Hampir semua orang di dunia yang mengenal komputer atau minimal duduk di bangku sekolah pernah menggunakan Microsoft Word sebagai alat bantu mereka untuk mengerjakan tugas, menulis berita atau artikel dan berbagai kegunaan lainnya. Namun apakah setiap orang yang menggunakan Microsoft Word tahu kapan Microsoft Word pertama kali dibuat dan siapa yang menciptakannya? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan itu.

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Word pertama kali diperkenalkan pada dunia di tanggal 25 Oktober 1983. Waktu itu, nama yang dimilikinya bukanlah Microsoft Word, melainkan Multi-Tool Word. Di awal perilisannya, Multi-Tool Word hanya bisa digunakan untuk sistem Xenix, karena waktu itu belum ada Microsoft Windows.

Di tahun-tahun berikutnya, seiring dengan perkembangan teknologi, Multi-Tool Word dikembangkan agar bisa digunakan oleh sejumlah platform lainnya, seperti komputer IBM, Apple Macintosh, komputer AT&T Unix, Atari ST, OS/2, SCO Unix dan macOS. Perangkat lunak ini baru bisa digunakan untuk Microsoft Windows di tahun 1989.

Baca juga:

Awal Pembuatan

Di tahun 1981, Microsoft mempekerjakan Charles Simonyi, pengembang Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama yang ada di dunia. Simonyi mulai mengerjakan pengolah kata bernama Multi-Tool Word dibantu oleh Richard Brodie, bekas pegawai Xerox. Brodie menjadi pengembang utama Multi-Word Tool di tahun-tahun berikutnya.

Microsoft merilis Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS-DOS di tahun 1983. Nama ini kemudian disederhanakan menjadi Microsoft Word. Tak seperti kebanyakan program MS-DOS lainnya saat itu, Microsoft Word didesain untuk digunakan dengan mouse. Kemampuan Word pada saat itu terbatas hanya pada kemampuan untuk melakukan undo, display teks bold, italic dan underlined atau dengan garis bawah.

Word dengan cepat mengalahkan perangkat lunak pengolah kata lainnya, WordStar, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda. Tahun demi tahun Microsoft terus menyempurnakan Word dengan merilis versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam kurun waktu enam tahun saja. Di tahun 1985, Microsoft merilis Word yang bisa digunakan untuk perangkat Mac OS. Sejak dirilis untuk perangkat Mac OS, penjualan untuk Mac OS lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan di perangkat MS-DOS selama kurang lebih empat tahun.

Artikel lainnya:

Dinobatkan Sebagai yang Terbaik

Perilisan kedua untuk Mac OS jatuh di tahun 1987 dengan nama Word 3.0. Perilisan ini dilakukan untuk sinkronisasi antara pengguna Mac OS dengan DOS. Ini adalah pertama kalinya pengguna Mac OS dengan DOS bisa saling bertukar file Word. Word 3.0 hadir dengan banyak perbaikan dan fitur baru, di antaranya adalah implementasi Rich Text Format (RTF) untuk pertama kalinya. Namun sayangnya implementasi RTF ini diiringi dengan sejumlah bug error. Namun beberapa bulan berikutnya, Microsoft merilis versi 3.01 yang memperbaiki bug tersebut. Versi 3.01 ini dikirimkan secara gratis kepada pengguna Word 3.0 yang terdaftar.

Sponsors Link

Di pertengahan 90-an, Word di perangkat Mac OS tidak memiliki saingan berarti. MS Word 5.1 yang dirilis tahun 1992 sangat populer di kalangan pengguna komputer karena tampilannya yang elegan, kemudahan penggunaan dan fitur-fitur yang sangat berguna. Banyak penggunanya bahkan mengatakan bahwa MS Word 5.1 adalah versi terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Word untuk Windows

Versi pertama Word untuk Microsoft Windows dirilis pada tahun 1989. Berbarengan dengan keluarnya Windows 3.0 di tahun berikutnya, penjualan Word meningkat drastis dan Microsoft pun menjadi penguasa pasar untuk perangkat lunak pengolah kata untuk komputer IBM.

Di tahun 1991, Word 5.5 dilepas ke pasar. Tampilan Word diperbaharui menggunakan tampilan yang menyerupai aplikasi Windows lainnya. Di tahun yang sama, Microsoft mengembangkan sebuah proyek bernama Pyramid yang tujuannya merombak Microsoft Word secara total. Microsoft membuat dasar koding yang sama untuk Word versi Windows dan Word versi Mac OS.

Namun proyek ini kemudian ditinggalkan karena proyek ini akan memakan waktu yang sangat lama jika Word dibuat dari nol dibandingkan dengan mengerjakan ulang Microsoft Word yang sudah ada. Di Word versi 6.0 akhirnya dibuat dari kodingan yang mengambil dari kodingan Windows 2.0. Word 6.0 mengusung fitur AutoCorrect yang berfungsi mengoreksi pengetikan kata yang salah secara otomatis.

Word untuk Mac

Di tahun 1997, Microsoft membentuk Macintosh Business Unit, sebuah grup independen di dalam perusahaan Microsoft yang fokusnya adalah mengerjakan software yang ingin dirilis di perangkat Mac OS. Versi Word pertama yang berhasil ditelurkan oleh grup ini adalah Word 98.

Word 2001 yang keluar di tahun 2000 dilengkapi sejumlah fitur baru, seperti Office Clipboard. Fitur ini memungkinkan pengguna Word untuk melakukan copy paste banyak hal dalam satu waktu. Word 2001 adalah yang terakhir dirilis oleh Microsoft untuk perangkat classic Mac OS. Di perangkat yang lebih canggih, yakni Mac OS X, Microsoft merilis Word X.

Word 2004 dirilis di bulan Mei 2004. Fitur yang ada di dalamnya adalah tampilan Notebook Layout yang memudahkan pengguna untuk menulis di Word dengan hanya menggunakan suara. Word 2008 yang keluar di bulan Januari 2008 (sepertinya sudah jadi kebiasaan Microsoft untuk menamai produk sesuai dengan tahun rilisnya) dilengkapi dengan fitur Elements Gallery. Fitur ini bisa digunakan untuk memilih layout halaman dan memasukkan diagram dan gambar.

Sponsors Link

Word 2011 yang dirilis bulan Oktober 2010, mengganti fitur Elements Gallery dengan tampilan Ribbon yang mirip dengan Office for Windows. Word 2011 dilengkapi dengan mode full screen yang membantu pengguna untuk fokus pada membaca atau menulis dokumen.

Artikel Sejarah Lainnya:

Fitur-Fitur yang Disukai Pengguna

Ada banyak sekali fitur yang terdapat pada Microsoft Word. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah:

  1. Bullets and numbering
    Fitur ini sangat memudahkan pengguna Word untuk membuat daftar dalam pengerjaan sebuah dokumen. Fitur ini juga membantu untuk penulisan nomor halaman secara otomatis.
  2. Password
    Ada tiga jenis password yang bisa diaplikasikan pada dokumen MS Word:
    Password untuk membuka dokumen
    – Password untuk memodifikasi dokumen
    – Password untuk membatasi pengeditan dokumen
  3. WordArt
    Fitur ini membantu pengguna untuk memasukkan kata-kata dengan bentuk yang menarik dan unik. Biasanya WordArt digunakan untuk presentasi agar tidak membosankan untuk dilihat.
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 02:49 Oleh :
Kategori : Teknologi