Sejarah Kemerdekaan Amerika Serikat Paling Lengkap

Sponsors Links

Siapa yang tak kenal dengan Negara Amerika Serikat? Amerika Serikat menjadi salah satu Negara super power yang tidak bisa di bantahkan perannya dalam segala bidang di dunia internasional. Sehingga menjadi hal wajar jika ada banyak orang yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah Negara adidaya satu ini. Terlebih kisah perjuangan Amerika dalam mendapatkan kemerdekaannya. Sejarah yang juga melatar belakangi kesuksesan Amerika Serikat menjadi Negara besar dan cukup berpengaruh. Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik untuk mengenal lebih dekat sejarah kemerdekaan Negara Amerika Serikat? Nah di sini akan di jelaskan lebih detail mengenai sejarah Negara Amerika Serikat dalam mendapaatkan kemerdekaannya. Berikut penjelasannya terkait sejarah kemerdekaan Amerika Serikat.

Sejarah Kemerdekaan Amerika

Amerika Serikat merupakan salah satu Negara yang berada di tengah benua Amerika bagian utara. Negara ini memiliki batas Negara Kanada di bagian utara dan Meksiko pada bagian selatan. Negara ini juga berada di antara Samudera Atlantik di bagian timur dan Samudera Pasifik di bagian barat. Nyatanya penduduk pertama Negara ini bukanlah asli Amerika Serikat. Penduduk pertama berasal dari Asia, pada 15.000 tahun silam. Untuk sampai di Amerika, penduduk tersebut menyeberangi Jembatan Bering.

Penduduk selanjutnya yang menetap adalah penduduk kolonis Eropa. Hingga pada tahun 1942, tokoh penting atas sejarah Amerika Serikat mendarat di benua Amerika. Tokoh tersebut adalah Cristopher Colombus. Kehadirannya memberikan dampak yang cukup baik pada perkembangan dan kejayaan Amerika. Sehingga banyak orang Inggris yang bermigrasi dan kemudian menetap di sini. Penduduk itu kemudian melangsungkan kehidupannya di daerah Jamestown, Virginia. Keturunan mereka inilah yang diyakini sejarah sebagai penduduk asli Amerika. Seiring waktu banyak penduduk dari luar Negara yang memilih tinggal di Amerika Serikat, penduduk tersebut antara lain orang Prancis, Belanda, dan Spanyol. Baca juga informasi tentang penyebab perang badar di kubrasejarah istana bogorsejarah agama islam di dunia, dan penyebab perang ambon.

Permasalahan di Amerika Serikat

Pasca revolusi, kondisi Amerika Serikat mulai memburuk. Banyak permasalahan internal yang membuat Amerika Serikat mulai berantakan. Perbudakan, sengketa dengan Negara lain, permasalahan internal dengan Negara bagian, dan perpecahan yang terjadi di Negara bagian. Hingga puncaknya terjadi Perang Saudara yang terjadi di Amerika Serikat. Perang tersebut terjadi di Amerika bagian Utara dan Selatan. Permasalahan umum yang menyebabkan peperangan tersebut adalah hak sebagai Negara bagian yang di anggap tidak adil. Hingga pada akhirnya beberapa Negara bagian di wilayah Selatan Amerika melepaskan diri untuk membentuk sebuah federasi tersendiri.

Setelah perang saudara tersebut, maka Amerika Serikat mampu bangkit dengan waktu yang cukup singkat. Hingga pada abad 20 negara satu ini mampu menjadi poros dunia untuk segala bidang. Bidang ekonomi bisa di katakana menjadi salah satu bidang yang membuat Amerika Serikat melambung namanya.

Kiprah Amerika Serikat dalam setiap peperangan yang ada di dunia memang cukup banyak. Amerika Serikat merupakan salah satu Negara yang ikut andil dalam Perang Dunia II. Tidak hanya itu, Amerika Serikat juga memiliki masalah dengan Uni Soviet dan berakhir pada peperangan. Peperangan selanjutnya yang di lakukan oleh Amerika Serikat adalah Perang Korea dan Vietnam. Banyak sekali permasalahan yang di miliki Negara super power satu ini dengan Negara lain. Tak heran, sebagai Negara yang besar tentunya saja peralatan perang dan taktiknya membuat Amerika Serikat selalu memenangkan peperangan dengan Negara lain.


Perang Kemerdekaan Amerika Serikat

Perang kemerdekaan yang di hadapi oleh Amerika Serikat di picu karena adanya peristiwa Boston Tea Party. Secara umum peristiwa tersebut berawal karena adanya pertempuran antara tentara Inggris dengan imigran Amerika yang di kenal dengan nama pertempuran Lexington. Perang tersebut di sebabkan oleh perlakuan pemerintah Inggris yang ingin menahan pimpinan Amerika. Pada peristiwa tersebut, Inggris mengalami kekalahan. Sejak ini lah Amerika Serikat mulai melakukan perang kemerdekaan. Saat itu seseorang bernama George Washington di pilih sebagai panglima untuk memimpin perang revolusi.

Untuk mendapatkan tentara dan pasukan yang terlatih, maka di tahun1776, lebih tepatnya pada tanggal 4 Juli 1776 kongres di Amerika Serikat mengeluarkan Deklarasi yang mengumumkan Kemerdekaan. Deklarasi tersebut kemudian di tanda tangani oleh Thomas Jefferson. Isi deklarasi tersebut mengatakan bahwa hak seorang manusia adalah mendapatkan kesetaraan kehidupan, kebebasan, kebahagiaan, dan persamaan hak lainnya agar Negara berdaulat.

Beberapa tahun kemudian pasca Deklarasi Kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 19 Oktober 1781, terjadi pertempuran Yorktown. Pertempuran ini menjadi pertempuran terakhir yang di alami oleh Amerika Serikat selama masa revolusi. Pertempuran ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Hingga pada akhirnya di tahun 1783, Amerika Serikat yang di pimpin oleh George Washington memenangkan pertempuran dari Inggris yang di pimpin oleh Jenderal Cornwallis. Setelah kemenangan itulah, Amerika Serikat menyerukan kemerdekaannya. Ada pula penjelasan tentang sejarah buddha gautamasejarah candi muara takussejarah candi brahu, dan sejarah kerajaan banten.

Setelah kemerdekaan tersebut, di lakukan perdamaian di Paris dan ketiga koloni lainnya menjadi suatu serikat Negara yang merdeka dan berdaulat. Kemudian pada tanggal 25 Mei 1787, Negara mengirimkan beberapa perwakilan guna mengadakan kongres yang di kenal dengan nama kongres konstituante di Philadelphia untuk merumuskan beberapa peraturan serta konsitusi untuk federal. Selanjutnya pada tanggal 30 April tahun1789, kongres di laksanakan sesuai konstitusi federal dan di angkatlah George Washington sebagai presiden pertama untuk Amerika Serikat. Baca yuk informasi sejarah museum wayang dan sejarah museum kayu tenggarong.

Nah, demikian penjelasan yang lengkap terkait dengan sejarah kemerdekaan Amerika Serikat. Meski menjadi Negara besar dan maju, tidak dapat di artikan jika Amerika Serikat tidak melakukan perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan. Bahkan Amerika Serikat banyak terlibat pada beberapa perang untuk menyerukan kemerdekaannya. Untuk lebih tahu secara detail dan mendalam tentang sejarah kemerdekaan Amerika Serikat, ada baiknya untuk rajin mengunjungi perpustakaan yang menjelaskan sejarah Internasional.

Bahkan jika Anda dapat kesempatan untuk pergi ke Amerika Serikat, tentu akan banyak Anda temui monument atau bangunan bersejarah yang menyimpan cerita menarik hingga Amerika Serikat mampu begitu hebatnya berkembang dan tumbuh di segala sector terutama perekonomian dunia. Yuk, kenali lebih dalam tentang sejarah Internasional dengan berkunjung ke museum dan membaca kumpulan buku mengenai sejarah internasional tersebut. Sudah merencanakan kemana hari libur kali ini? Jangan lupa ajak pula banyak teman dan kerabat Anda ya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Friday 08th, February 2019 / 04:03 Oleh :
Kategori : Negara