13 Macam–Macam Artefak Tertua di Dunia

Sponsors Links

Artefak adalah benda – benda arkeologi peninggalan sejarah yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang bisa dipindahkan atau dibawa – bawa. Dalam arkeologi, artefak mengandung pengertian sebagai benda atau bahan alam yang dibuat oleh tangan manusia atau menunjukkan adanya jejak buatan manusia. Ciri penting  yang terdapat dalam konsep artefak adalah bahwa benda – benda ini dapat bergerak atau bisa dipindahkan oleh tangan manusia dengan mudah, tanpa merusak, merubah atau menghancurkan bentuknya.

Biasanya artefak dibuat oleh manusia untuk membantu kehidupannya, terutama pada masa prasejarah yang menunjukkan hasil kebudayaan manusia yang menegaskan kelebihan manusia dari makhluk lainnya. Perkembangan akal dan pikiran manusia juga akan terlihat melalui pembuatan dan bentuk artefak tersebut, mulai dari tingkat sangat sederhana dengan hasil yang masih kasar hingga kepada artefak yang fungsinya lebih kompleks dan lebih halus hasil buatannya.

Berbagai Artefak Tertua dan Misterius Dunia

Hingga sekarang telah banyak ditemukan macam–macam artefak yang berusia ratusan hingga jutaan tahun lamanya. Bentuk dari artefak – artefak ini bermacam – macam. Berikut ini adalah sebagian dari macam–macam artefak atau jenis artefak kuno serta misterius di dunia.

1. Peralatan Batu Tertua

Macam–macam artefak tertua di dunia yang pernah ditemukan adalah alat tertua dari batu yang berlokasi di Gona, Ethiopia dan berusia sekitar 2,5 hingga 2,6 juta tahun lalu. Alat tersebut dinamakan Oldowan, ditemukan di lokasi setelah Ngarai Olduvai di Tanzanio terdiri dari potongan – potongan batu yang bermata tajam dan dipukul dari intinya. Fungsi alat ini adalah untuk memotong dan mengikis daging dari tulang hewan.

2. Desain Tertua

Para arkeolog yang mempelajari kerang moluska dari Pulau Jawa pada 2007 menemukan adanya satu tulisan yang mirip dengan sebuah desain etchings di bagian permukaan kerang. Etchings adalah karya dari manusia purba, kemungkinan jenis homo erectus yang selama ini diperkirakan hanya mampu menggunakan alat – alat dari batu. Polanya yang berupa zigzag menunjukkan contoh representasi dari abstrak tertua yang telah diketahui di hominid dan diperkirakan berusia sekitar 500 ribu tahun. Pada tahun 2014 tim peneliti telah memastikan bahwa tempurung kerang tersebut kemungkinan adalah semacam alat tertentu.

3. Topeng Batu

Salah satu dari macam–macam artefak yang pernah ditemukan berupa topeng tertua berusia 9000 tahun, yang ditemukan di wilayah negara Israel sekarang. Ditemukan di lokasi gurun Yudea dan perbukitan Yudea, saat ini dipajang di Museum Israel di Yerusalem. Topeng itu berupa bentuk wajah dengan lubang di sepanjang tepinya yang memungkinkan untuk dipakai di wajah. Ketahui juga mengenai peninggalan zaman praaksara, zaman prasejarah di Indonesia dan sejarah manusia purba.

4. Antikytera Mechanism

Berasal dari Yunani pada 100 SM ditemukan dari kecelakaan di Pulau Antikytera, Yunani pada tahun 1901. Alat ini berupa mekanisme jarum jam yang kompleks dan terdiri dari setidaknya 30 gigi perunggu meshing dan ditempatkan dalam satu kotak kayu. Sering juga disebut komputer Yunani kuno karena dapat memprediksi posisi astronomis dan gerhana untuk kalender dan astrologi, juga melacak siklus olimpiade kuno.


5. Baterai Baghdad

Salah satu macam–macam artefak kuno yang sangat membuat para ilmuwan dan arkeolog bingung. Pada sebidang makam kuno di luar Kota Baghdad di tahun 1930 bernama Khujut Rabula, beberapa arkeolog yang melakukan penggalian telah menemukan artefak yang diduga adalah satu set baterai kimia yang usianya mencapai 2000 tahun lebih.

6. Jam Mekanik

Jam tangan kerja tertua di dunia ini merupakan jam mekanik berukuran masif (besar) yang letaknya ada di Katedral Salisbury, Inggris Selatan. Diketahui muncul pada tahun 1386, jam mekanik ini bersistem roda dan beberapa roda gigi atau gir yang terpasang pada lonceng katedral menggunakan tali. Mekanismenya disebut ‘ambang dan foliot’ yang mengendalikan jam tersebut.

7. Seismoskop Zhang Hang

Ditemukan di China pada 132 M, diproduksi oleh penemu Cina yang luar biasa bernama Zhang Hang. Didalamnya terdapat bandul berayun yang terhubung melalui sebuah tuas dengan kepala naga. Alat ini akan menjatuhkan bola perunggu dari kepala naga ke mulut katak yang duduk di bawah naga tersebut ketika terjadi gempa.

8. Lukisan Gua

Hingga tahun 2014, lukisan gua tertua yang ditemukan telah berusia 30 ribu – 20 ribu tahun dari hewan Paleolitik Puncak. Lukisan gua tersebut ditemukan di Gua Chauvet di lembah Sungai Ardeche, Perancis. Kemudian ditemukan lukisan gua baru di Sulawesi Indonesia yang menggeser status lukisan gua Perancis tersebut sebagai lukisan gua tertua. Para ilmuwan mengkonfirmasi pada September 2014 bahwa beberapa lukisan gua  di pulau Sulawesi berusia diatas 40 ribu tahun sebagai peninggalan bersejarah di Indonesia. Lukisan tersebut terdiri dari sidik jari stensil yang mirip dengan lukisan tangan di tempat lain di dunka dan lukisan binatang lokal Sulawesi, babi rusa.

9. Alat Musik

Alat musik tertua di dunia berusia 42000 – 43000 tahun ditemukan oleh para peneliti pada tahun 2012, yang diidentifikasi oleh Profesor Nick Conard, peneliti dari Universitas Tuebingen Jerman. Alat musik tersebut berupa seruling yang terbuat dari tulang, salah satunya terbuat dari gading raksasa, dan yang lain dari tulang burung. Alat musik tersebut ditemukan di Gua Geissenkloesterle, wilayah Upper Danube, Selatan Jerman. Berdasarkan penemuan ini, dapat diperkirakan bahwa manusia memasuki daerah tersebut sekitar 39000 – 40000 tahun lalu.

10. Patung Seni Kuno

Patung yang dinamakan Venus dari Hohle Fels merupakan patung tertua di dunia yang diketahui telah menggambarkan bentuk manusia dan bisa dikatakan sebagai salah satu seni prasejarah tertua. Usia patung ini sekitar 40 ribu tahun, bertinggi sekitar 6 cm dan terbuat dari gading raksasa yang diukir. Patung ini digali dari gua – gua Hohle Fels di Wilayah Jura Swabia, dekat kota Ulm, Barat Daya Jerman.

11. Palu Zaman Purbakala

Penemuan palu ini bisa dibilang sangat aneh dan tidak masuk akal karena ditemukan di dalam batu berusia 100 juta tahun. Usia kayu yang digunakan sebagai gagang palu berkisar antara 100 – 200 juta tahun lalu, dan besinya merupakan 96% besi murni. Asal muasal palu ini tidak ada yang dapat menjelaskannya karena pada zaman tersebut, seharusnya peradaban manusia belum ada. Ketahui juga mengenai peninggalan zaman neolitikum dan peninggalan mesir kuno.

12. Baut Kuno

Ekspedisi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti untuk menemukan sisa – sisa peninggalan purbakala pada tahun 1966 di daerah Kaluga, bagian barat Rusia. Salah satu peneliti menemukan benda berbentuk batu yang ketika dibersihkan menampakkan semacam baut atau sekrup yang tertanam di dalamnya. Panjang baut itu 3 cm dan berdiameter 3 mm, diperkirakan berusia sekitar 300 – 320 juta tahun. Ditemukan bahwa sekrup ini adalah hasil buatan tangan manusia namun tidak ada yang dapat memperkirakan siapa yang membuatnya.

13. Saklar Kuno

Penemuan sebuah artefak yang berbentuk saklar dengan tiga ujung besi yang tertanam pada batu granit oleh seorang arkeolog bernama John J. Williams pada tahun 1998. Penampilan batu ini mirip seperti komponen listrik atau saklar dan memiliki daya magnet walaupun cukup lemah. Tiga ujung yang berbentuk saklar ini tidak dapat dijelaskan terbuat dari unsur apa. Banyak yang mengatakan penemuan ini adalah rekayasa, tetapi tidak dapat dijelaskan bagaimana saklar ini dapat tertanam di sebuah batu tanpa menggunakan bahan perekat tertentu.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 12th, April 2019 / 09:45 Oleh :
Kategori : Pra Sejarah