Manusia secara alamiah telah memiliki keinginan untuk menghias benda – benda yang digunakannya sejak awal peradaban. Tidak hanya benda atau alat pada manusia zaman batu, bahkan tempat tinggal dan tubuh juga tidak luput dari hiasan ornamen yang muncul pada setiap peradaban. Ornamen menjadi salah satu bentuk dari kreativitas manusia yang bisa berupa titik sederhana hingga gambar yang lebih kompleks. Ornamen dalam istilah secara umum berasal dari kata bahasa Latin ‘Ornare’ yang artinya dalam bahasa Inggris ‘sedang menghiasi’. Berdasarkan definisi tersebut, ornamen seringkali disebut sebagai desain dekoratif atau desain ragam hias. Dalam seni dekoratif dan arsitektur, ornamen adalah dekorasi yang digunakan untuk membuat suatu objek atau bangunan menjadi lebih indah.
Ornamen adalah bagian dari dekorasi yang sudah menjadi saksi sejarah sejak zaman prasejarah hingga ke masa kini, digunakan pada satu bentuk dasar hasil kerajinan tangan manusia. Ornamen bisa hanya bersifat hias namun juga bisa memiliki fungsi khusus untuk benda yang dihias dengan bentuk tertentu. Pada zaman prasejarah, bisa ditemukan berbagai corak ornamen prasejarah di berbagai peninggalan seperti makam, candi, lukisan gua dan peralatan pada zaman purba yang memiliki corak unik. Karya seni ornamen pada zaman prasejarah umumnya berfungsi sebagai penerapan dari kepercayaan tertentu dan juga sebagai hiasan, termasuk pada peninggalan artefak di Indonesia.
Motif Ornamen Zaman Prasejarah
Ornamen primitif adalah suatu karya seni yang dibuat pada zaman purba atau zaman primitif. Ciri – cirinya berupa gambar yang sederhana, tegas, kaku, cenderung pada motif geometris, goresannya spontan dan mengandung makna atau simbol tertentu. Komposisinya juga biasanya berderet, sepotong – potong, berulang, selang seling juga bisa disusun secara terpadu. Dalam corak ornamen zaman prasejarah kerap tergambar kesederhanaan dan gambaran akan perilaku masyarakat pada masa itu dan bersifat universal karena memiliki ciri – ciri umum yang sama di seluruh dunia. Menurut Soedarso, Sp ada beberapa corak atau motif seni rupa prasejarah di Indonesia yaitu:
1. Corak Monumental
Corak ornamen prasejarah pada zaman Neolitikum dimana kehidupan sudah menetap dan tidak lagi nomaden, ditemukan pola – pola baru melalui peninggalan jenis artefak prasejarah. Corak ini terutama terdapat pada zaman Neolitikum yang memiliki ciri – ciri berikut:
- Tokoh para nenek moyang diwujudkan dalam bentuk tiga dimensi frontal.
- Motif berupa simbolik seperti kedok dan tanduk kerbau
- Irama garisnya bersudut, sederhana dan kaku sehingga terkesan monumental
2. Corak Dongson
- Corak ornamen prasejarah pada peninggalan zaman praaksara yang mendapatkan pengaruh dari daerah Tonkin, Cina.
- Sifatnya lebih dekoratif dan kurang simbolik.
- Motif hiasnya berupa tumpal dan spiral yang terdapat pada moko dan nekara.
3. Corak Chow Akhir
- Coraknya tidak simetris
- Garisnya melengkung sesuai permukaan benda yang dihias
- Corak ini hanya ditemukan di Kalimantan.
Jenis – jenis Peninggalan
- Seni Lukis
Corak ornamen prasejarah bisa ditemukan juga pada seni lukis, yaitu suatu karya artistik yang diwujudkan dalam bidang dua dimensi dengan menggunakan garis dan warna. Nenek moyang purba melukis pada dinding gua yang mereka tinggali. Misalnya di Gua Leang – leang yang ditemukan lukisan cap tangan, diperkirakan berusia 4000 tahun. Tradisi purba masyarakat setempat dan tujuan orang melukis di dinding gua pada masa itu mempercayai bahwa gambar tangan dengan jari lengkap dapat bermakna sebagai penolak bala, sedangkan gambar tangan dengan empat jari artinya adalah ungkapan berdukacita.
Gambar dibuat dengan menempelkan tangan ke dinding gua dan disemprotkan cairan berwarna merah. Zat pewarna yang digunakan kemungkinan berasal dari hematit atau mineral merah yang banyak terdapat di sekitar gua, di batu – batuan dan di dasar sungai di sekitarnya. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa warna tersebut berasal dari batu – batuan dari getah pohon yang dikunyah seperti sirih. Ada pula lukisan babi hutan dengan garis – garis merah, motif gajah, ular dan kerbau yang dianggap oleh nenek moyang purba bisa menimbulkan kekuatan magis. Semua corak ornamen zaman prasejarah tersebut didasarkan pada beberapa kepercayaan seperti animisme, dinamisme, totemisme dan manisme.
- Seni Hias
Tujuan dari seni hias adalah untuk menambah keindahan dari karya yang diciptakan dan bisa dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu:
- Hiasan pasif yang hanya berfungsi untuk menambah keindahan
- Hiasan aktif yang berfungsi untuk menambah kekuatan dari satu bangunan atau benda yang diberi hiasan sekaligus menambah keindahannya.
- Hiasan simbolis berfungsi sebagai lambang dan menambah keindahan suatu benda.
- Hiasan mekanis yang dapat menambah keindahan namun juga mengandung suatu ilmu tertentu.
Seni hias corak ornamen prasejarah yang ditemukan di alat pada zaman batu banyak digunakan pada perabot rumah tangga, jimat, juga sebagai alat upacara adat dengan motif – motif yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Pola hiasan geometris paling banyak digunakan selain tumpal, meander, pilin berganda, swastika. Pola – pola tersebut dianggap banyak mengandung arti sosial, keagamaan dan geografis. Pola hias lainnya juga ada seperti polygon, animal, vegetal dan figural.
- Seni Kriya
1. Gerabah
Ditemukan pada zaman Neolitikum berupa gerabah sederhana dengan pola anyaman, torehan, garis – garis sejajar dan lingkaran. Selanjutnya pada perkembangan gerabah di masa perundagian, pola hiasnya berkembang dari bentuk lingkaran memusat menjadi bentuk titik dan lengkungan, pola anyam, tumpal, tangga dan meader.
2. Benda Perunggu
Zaman perunggu di Indonesia terjadi kurang lebih pada masa 500 tahun SM. Pada zaman perunggu teknik ornamen dibuat dengan cara mengecor berulang dan cor sekali pakai. Sedangkan logam pada dasarnya mudah dibentuk, tahan lama sehingga semakin menggeser batu sebagai bahan baku utama pembuatan peralatan prasejarah. Teknik pembuatan perunggu berupa a cire perdue atau sekali cetak. Contohnya, di Bali ditemukan cetakan nekara dari batu. Yang dicetak menggunakan cetakan batu adalah nekara lilin dan nekara perunggu menggunakan a cire perdue. Ada pula cetakan yang dapat digunakan berkali – kali, disebut bivalve. Contoh seni kriya zaman ini adalah kapak corong atau kapak sepatu (candrasa), dan nekara perunggu. Ada pula gelang, anting, kalung, cincin dan bejana.
3. Peninggalan Zaman Batu
Pada masa Megalitikum, kemunculan seni bangun mendapatkan pengaruh dari adat pemujaan terhadap roh nenek moyang. Agar bisa berkomunikasi dengan roh nenek moyang, maka dibuat lambang – lambang tertentu pada peninggalan sejarah zaman megalitikum seperti gambar, patung, topeng, menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu, punden berundak, keranda, seni patung seperti arca dan berbagai manik – manik. Ada pula tiang batu yang didirikan sebagai peringatan dan lambang akan roh nenek moyang yang akan menjadi sarana pemujaan, juga dilengkapi dengan corak ornamen prasejarah tertentu.
Zaman prasejarah dimulai sejak keberadaan manusia dan kebudayaan dan berlangsung hingga sekitar abad ke 5 Masehi dan terbagi menjadi zaman batu serta zaman logam. Untuk memahami apa arti dari corak ornamen zaman prasejarah dari segi sejarah, fungsi, makna dan sebagainya memerlukan pengetahuan dan keterampilan tertentu serta memakan waktu lama karena berbagai aspek yang ada pada seni hias itu sendiri.