Sejarah Kemerdekaan India Singkat Paling Lengkap

Sponsors Links

India merupakan salah satu Negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbesar ke dua di dunia. Selain itu Negara satu ini juga di sebut sebagai Negara terbesar ke tujuh jika di lihat pada kondisi geografisnya. Keberadaan Negara ini pun tidak asing lagi di tengah masyarakat. Budaya yang di miliki dengan mudah menyebar dan di terima terutama oleh masyarakat Indonesia. Kesuksesan ini menjadikan India sebagai Negara terbesar ke empat pada sektor ekonominya.

Negara ini bisa di katakan Negara berkembang dengan laju pertumbuhan ekonomi yang baik. Di balik sukses tersebut, tentu ada cerita sejarah dalam meraih kemerdekaannya. Perlu di ketahui bahwa India merupakan salah satu Negara bekas jajahan Inggris. Seperti apa sejarah perjuangan kemerdekaan India? Berikut akan di jelaskan seluruh Sejarah Kemerdekaan India. Baca juga terkait informasi penyebab perang banjarmasinpenyebab perang badar kubra, dan penyebab perang arab saudi dan yaman.

Awal Mula India

Pada masa kerajaan dahulu, bangsa Arya singgah pada sebuah pulau yang kini menjadi Negara India. Awalnya bangsa Arya mendiami dan menguasasi wilayah Laut Kaspia, dan kemudian beralih ke India Barat Laut. Lambat laun daerah kekuasaan bangsa Arya meluas hingga ke Sungai Gangga dan wilayah lainnya. Mereka datang dengan membawa budaya, filosofi, dan ajaran yang di yakini oleh masyarakat India hingga saat ini. Kejayaan bangsa Arya ini terlihat dan mulai terasa ketika mayoritas penduduk sekitar mengikuti apa yang di ajarkan dan bangsa tersebut menemukan bahasa baru untuk menyebarkan kebudayaan tersebut. Bahasa ini di kenal dengan nama bahasa Sanskrit. Kemudian bahasa ini mulai di gunakan pada upacara khusus dan nyanyian ibadah untuk memuja para dewa. Nyanyian nyanyian tersebut di kenal dengan Rigveda.

Setelah bangsa Arya mulai berjaya, munculnya beragam kerajaan yang menguasai wilayah India. Hingga pada akhirnya di abad ke 6 Masehi, India mengalami penyerbuan oleh Bangsa Parsi. Bangsa Arya kalah karena taktik peperangan yang dimiliki Parsi jauh lebih baik. Hingga akhirnya Bangsa Parsi menduduki daratan India dan membangun beragam bangunan dengan gaya arsitekturnya yang khas. Secara sejarah zaman masuknya bangsa Parsi ke India di kenal dengan Zaman Empirium. Penamaan ini di karenakan banyaknya empirium yang berdiri pada zaman tersebut seperti Magadha dengan raja Bimbisaura dan Ajatasatru.

Pada abad ini pula lahir Buddha Gautama dan Mahavira. Kehadiran Bangsa Parsi juga memberikan dampak baik berupa pembukaan jalan lalu lintas antara India dengan daerah di bagian barat. Kemudian di tahun 326 Sebelum Masehi, India juga diduduki oleh pasukan Iskandar yang meskipun tidak memberikan pengaruh politik kepada India, namun meninggalkan kebudayaan serta mitologi di Barat Laut India. Kebudayaan dan mitologi tersebut mayoritas di usung dari Yunani. Kehadiran pasukan Iskandar tersebut tidak lama menetap di India karena diserang oleh Raja Candra Gupta. Beberapa tahun kemudian cucunya yang bernama Ashoka mengambil alih kerajaan dengan misi menyebarkan budaya dan keagamaan di wilayah Asia Selatan, Timur, dan Tenggara. Penyebaran tersebut dapat di lihat banyaknya peninggalan sejarah Buddha berupa candi dan prasasti. Ada pula informasi tentang penyebab perang bosniapenyebab perang aleppopenyebab perang ambon, dan penyebab perang baratayuda.

Penyatuan budaya Islam dan Buddha

Di abad ke 8 Islam mulai masuk ke India dalam urusan perdagangan. Namun ternyata seiring waktu kebudayaan dan keagamaan yang di bawa oleh Islam juga menyebar di Negara India. Hingga akhirnya di abad ke 13 berdirilah kerajaan Delhi, suatu dinasti Islam pertama di India. Penyatuan budaya Islam dan Buddha yang terjadi di India ternyata memberikan sisi positif bagi India karena seni, sastra, bahasa, dan budaya serta arsitekturnya yang berjaya pada tahun tersebut.


Saat itu pula mulai muncul para pujangga yang berasal dari India seperti Amir Khusrau dan Shahjahan. Hingga akhirnya pada tahun1707 kehadiran Islam di India mulai mereda karena adanya konflik dan perpecahan serta perbedaan pandangan. Hal ini lah yang memudahkan bangsa Barat masuk ke India dan memberikan pengaruh serta pemberontakan kepada bangsa India.

Masa Penjajahan Negara India

Kehadiran bangsa Barat di India di mulai dengan sampainya Vasco da Gama di tahun 1501. Keberhasilannya membuat Negara lain bermaksud untuk menguasai India pula. Sehingga banyak juga dari Negara lain yang akhirnya menduduki India seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Dalam kondisi yang sedang memburuk dan terpecah belah, maka sangat mudah bagi bangsa Barat untuk menguasai India. Namun pada akhirnya, Inggris lah yang berkuasa karena kemenangannya melawan Negara lain.

Permulaan penjajahan Inggris terhadap India dapat di lihat dengan di dirikannya English East India Company. Ide ini di buat pada tahun 1600 an dengan maksud untuk mempermudah perdagangan. Namun, lambat laun sifat bangsa Barat yang mengekang dan menindas rakyat India mulai terlihat. Banyak perlakuan fisik dan politik yang membuat India merasa berada dalam permainan dan tekanan. Hingga pada akhirnya di tahun 1756, Inggris dan para raja India melakukan peperangan yang di kenal dengan pertempuran Buxar. Sayangnya, pada pertempuran tersebut, Inggris menang telak dan akhirnya wilayah kekuasaannya menyebar hingga Benggala, Bihar, dan Orissa. Kemudian di tahun 1824, English East India Company secara penuh di kelola oleh Inggris. Keadaan ini tentunya semakin memojokkan penguasaan India dan memberikan kerugian besar.

Masa Kemerdekaan India

Hingga puncaknya di abad ke 19, Sejarah Kemerdekaan India merasa penindasan tersebut perlu di akhiri dan India harus menjadi Negara merdeka. Mulailah beberapa pemberontakan yang di pimpin oleh raja raja India di tahun 1875. Sayangnya, Inggris terlalu kuat bagi India yang mengakibatkan India kalah dari seluruh pertempuran. Kemudian di tahun 1905, India membentuk Indian National Congress dan menuntut di adakannya Swaraj. Tidak hanya itu gerakan Indian Muslim League juga di inisiasi untuk memperkuat perlawanan dan menjamin hak para muslim India.

Tuntutan demi tuntutan di lakukan oleh masyarakat India untuk mendesak Inggris memberikan kemerdekaan kepada India. Banyak tokoh penting dari India yang berjasa atas pertempuran dan perlawanan yang di lakukan. Di antaranya yaitu: Mahatma Gandhi, Jawaharlal Nehru, dan Moh Ali Jinnah. Hingga menjelang berakhirnya Perang Dunia II, Inggris membentuk Consituent Assembly untuk menenangkan rakyat India. Namun, tindakan ini dirasa tetap merugikan India dan meminta kemerdekaan penuh bagi negaranya. Setelah perjuangan yang panjang, akhirnya Inggris memberikan kemerdekaan penuh kepada India sekaligus Pakistan di tanggal 15 Agustus 1947. Baca juga informasi mengenai sejarah candi muara takussejarah kerajaan pajajaransejarah kerajaan banten.

Nah, sekian penjelasan detail mengenai sejarah kemerdekaan India. Perjuangan tersebut tentunya memberikan pelajaran berharga kepada Anda untuk tetap mempertahankan apa yang perlu menjadi haknya. Untuk memperdalam pemahaman dan wawasan sejarah, sangat diajurkan bagi Anda untuk sering berkunjung ke museum atau perpustakaan yang menyimpan beragam cerita sejarah yang menarik.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 12th, February 2019 / 02:02 Oleh :
Kategori : Negara