Sejarah Museum dan Jenis-Jeninya Paling Lengkap

Sponsors Links

Museum adalah sebuah organisasi yang melayani kebutuhan publik. Memiliki sifat terbuka, dengan cara berusaha mengkoleksi, merawat, melakukan penelitian, berkomunikasi, dan melakukan pameran benda nyata kepada masyarakat untuk kepentingan studi, edukasi, dan hiburan. Karena itulah museum bisa dimanfaatkan untuk bahan studi oleh akademisi dan dokumentasi pemikiran saat ini maupun masa depan. Mulai tanggal 1977 hingga saat ini, tiap tanggal 18 Mei 1977 diperingati sebagai Hari Museum Internasional.

Sejarah Awal Mula Museum

Secara bahasa, kata museum berasal dari bahasa Yunani yaitu mouseion. Mouseion adalah sebuah kuil sebenarnya merujuk kepada nama kuil untuk sembilan Dewi Muses. Dewi Muses adalah anak Dewa Zeus yang sering disimbolkan sebagai ilmu pengetahuan dan kesenian. Selain Kuil Mouseion, bangunan lain yang kira-kira berhubungan dengan sejarah museum merupakan bagian kompleks perpustakaan raksasa yang dibangun khusus untuk mendokumentasikan sains dan kesenian khususnya buku-buku bernilai filsafat dan riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter di tahun 280 SM.

Untuk selanjutnya, museum mulai berkembang dengan bersamaan melesatnya ilmu pengetahuan. manusia sekarang ini cenderung bukti yang kuat dan bisa dipertanggung jawabkan mengenai catatan sejarah kebudayaan. Museum Radya Pustaka adalah museum yang pertama kali dibangun di Indonesia. Selain itu, dikenal pula sebuah museum yang terkenal yang bernama Sejarah Museum Gajah. Museum Gajah dikenal sebagai museum paling lengkap koleksinya di Indonesia. Selain itu ada pula Museum Persada Soekarno, Sejarah Museum Wayang, Sejarah Museum Tekstil, Galeri Nasional Indonesia yang khusus menyajikan koleksi seni rupa modern dari Indonesia.

Di awal cerita, awal mula museum adalah tempat untuk menyimpan koleksi milik pribadi, keluarga atau beberapa instituasi dan organisasi kaya. Benda-benda yang disimpan biasanya merupakan karya seni dan benda-benda yang langka, atau kumpulan benda peninggalan alam dan artefak di bidang arkeologi.

Jenis-jenis Museum Berdasarkan Tujuannya

Cukup banyak jenis-jenis museum yang ada di muka bumi ini. Mulai dari museum yang memiliki dan memamerkan banyak kategori, hingga museum kecil yang hanya fokus kepada beberapa subjek tertentu, tempat atau suatu tokoh. Lalu ada pula museum yang tergolong universal dan koleksinya menggambarkan dunia. Biasanya koleksi museum ini meliputi seni, sejarah, ilmu pengetahuan dan sejarah alam. Ukuran dan tipe museum bisa dilihat dalam koleksinya. Tiap museum tentu memiliki koleksi utama yang tentu menjadi benda terpenting di bidangnya. Ada banyak kategori contohnya yaitu museum seni, museum arkeologi, museum anak, museum biografi, museum universal, museum etnologi, museum sejarah, museum maritim dan museum militer.

  • Museum Seni

Museum seni biasanya lebih dikenal dengan nama galeri seni. Galeri seni adalah sebuah ruangan untuk memamerkan benda-benda seni, mulai dari seni visual contohnya yaitu lukisan dan patung. Beberapa contoh benda seni lainnya adalah seni logam, seni keramik dan furnitur. Contoh museum seni di Eropa bernama Merbach-Cabinet di Basel negara Swiss. Saat ini bernama Kunstmuseum Basel. Ada juga Hermitage Museum di Saint Petersburg Russia. Contoh museum di Indonesia adalah Sejarah Museum Affandi yang berada di Yogyakarta.

  • Museum Arkeologi

Museum arkeologi adalah museum yang menyimpan, merawat, meneliti dan memamerkan artefak arkeologis. Rata-rata, museum arkeologi banyak yang bersifat museum terbuka. Biasa disebut dengan Open Air Museum. Contoh museum arkeologi yang ada di Indonesia adalah Museum Trowulan yang berada di  Kota Trowulan Provinsi Jawa Timur.


  • Museum Anak

Museum anak adalah museum yang didirikan oleh kelompok sosial yang mengkoleksi dan memamerkan benda pameran dan program acara untuk membangkitkan pengalaman informal anak. Biasanya museum tradisional melarang para pengunjung untuk menyentuh benda-benda koleksi. Tapi museum anak malah memiliki benda yang dirancang dan dibuat memang untuk dimainkan oleh anak-anak. Biasanya museum anak diatur oleh organisasi nirlaba dan dikelola oleh sekelompok sukarelawan atau oleh staff profesional dalam jumlah yang terbatas. Museum anak contohnya adalah Museum Anak Kolong Tangga yang berada di Yogyakarta. Di sini cukup banyak mainan-mainan anak tradisional.

  • Museum Biografi

Ada pula museum biografi. Museum Biografi adalah museum yang dibangun dan koleksinya didedikasikan khusus kepada benda, peralatan, pakaian yang berhubungan dengan kehidupan seseorang atau sekelompok orang. Bahkan bisa juga memajang benda-benda yang mereka koleksi. Bahkan agar lebih bermakna, beberapa museum biografi berada di dalam rumah atau lokasi yang berhubungan dengan orang yang bersangkutan pada saat orang tersebut masih hidup. Contoh dari museum biografi adalah Museum Edith Piaf di Paris. Sedangkan di Indonesia, contohnya adalah Museum Sasmitaloka yang didedikasikan Jenderal Besar DR. A.H. Nasution yang berada di Jakarta Pusat.

  • Museum Ensiklopedia

Museum universal atau biasa dikenal pula dengan Museum Ensiklopedia adalah museum yang sangat sering kita temui. Pada umumnya yang mengelola museum adalah institusi besar dan cenderung bersifat nasional serta memberikan edukasi dan informasi kepada pengunjung tentang berbagai macam dari tema dunia dan lokal. Museum ini cukup penting karena membangkitkan rasa keingin tahuan pada dunia. Contoh museum yang bersifat universal adalah British Museum di London di Inggris.

  • Museum Etnologi

Museum etnologi adalah museum yang mengumpulkan, merawat, meneliti dan memamerkan objek dan artifak yang berhubungan dengan antropologi dan etnologi. Museum etnologi pada umumnya dibangun di negara yang ditinggali etnis minoritas yang berjumlah banyak. Contoh dari museum etnologi adalah Museum Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.

  • Museum Sejarah

Museum Sejarah pada umumnya mengkoleksi banyak pengetahuan sejarah dan hubungannya dengan masa kini dan masa depan. Museum-museum ini punya benda koleksi yang bervariasi. Mulai dari artefak, dokumen, benda peninggalan dalam berbagai bentuk dan apapun yang sesuai jamannya. Cukup banyak museum sejarah contohnya situs sejarah seperti Pulau Robben, Museum Sumpah Pemuda dan Sejarah Museum Fatahillah.

  • Museum Maritim

Museum maritim merupakan museum yang berspesialisasi kepada  budaya, sejarah atau arkeologi maritim. Mereka memberikan informasi tentang hubungan antara peradaban manusia dengan kehidupan yang berkaitan dengan air, kelautan dan pelayaran. Ada tiga jenis museum maritim. Yaitu museum sejarah maritim yang membahas sejarah maritim di suatu komunitas seperti Museum Maritim San Francisco, Museum Arkeologi Martim yang rata-rata mengawetkan kapal dan artefak kelautan dan museum militer maritim yang membahas perang dan angkatan laut suatu negara. Contoh museum militer maritim contohnya yaitu Museum Nasional Angkatan Laut Amerika Serikat.

  • Museum Militer

Terakhir adalah museum militer. Museum militer adalah museum yang mengkoleksi artefak-artefak yang berhubungan dengan sejarah militer. Artefak yang biasa dipamerkan pada museum militer ini contohnya adalah  seragam militer, senjata dan bahkan kendaraan perang. Contoh dari museum militer adalah Sejarah Museum Jogja Kembali, Sejarah Museum Benteng Vredeburg dan Sejarah Museum Brawijaya di Malang.

Sejarah Museum Tertua di Dunia

  1. Museum Louvre

Museum Louvre adalah salah satu museum tertua di dunia yang berada di Paris, Perancis. Selain sebagai museum seni, bangunan berbentuk mirip piramida ini merupakan monumen bersejarah. Museum Louvre dibangun pada tahun 1793. Museum Louvre mengkoleksi 35000 benda bersejarah mulai dari zaman prasejarah hingga abad kesembilan belas. Dulu sempat berubah nama menjadi Musee Napoleon atau Museum Napoleon di era pemerintahan Napoleon. Museum Louvre menjadi museum yang paling banyak dikunjungi baik secara nasional maupun internasional.

2. British Museum

British Museum yang berada di London adalah salah satu museum tertua di dunia. Koleksi sejarahnya mencapai delapan juta benda dan berasal dari seluruh dunia. Museum ini didirkan pada tahun 1753 dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 15 Januari 1759. Hingga tahun 2015, museum ini menjadi peringkat satu di negara dan peringkat lima di dunia sebagai museum yang banyak dikunjungi. Ada banyak departemen di British Museum sesuai dengan benda yang dikoleksi yaitu Departemen Mesir dan Sudah, Departemen Yunani dan Romawi, Departemen Prasejarah dan Eropa, Departemen Timur Tengah, Departemen Seni Cetak, Departemen Asia, Departemen Koin Medali, Departemen Konservasi dan Penelitian Ilmiah, Departemen Perpustakaan dan Arsip dan Departemen Afrika, Oseania dan Amerika.

3. Hermitage Museum

Hermitage Museum merupakan salah satu museum tertua di dunia yang berada di Saint Petersburg, Russia. Museum ini mengkoleksi banyak artefak yang berhubungan dengan seni dan budaya. Museum seni terbesar di dunia ini didirikan oleh Kaisar Catherine yang Agung pada tahun 1764. Koleksinya mencapai tiga juta benda mulai dari Mesir, era klasik, seni prasejarah, Italia di zaman Renaisans, seni perhiasan dan dekoratif, seni dari Spanyol, Aula Ksatria, Zaman Keemasan Belanda dan seni dari abad kesembilan belas hingga dua puluh.

4. Kunstmuseum Basel

Kunstmuseum Basel adalah salah satu museum tertua yang berada di Basel, Swiss. Sama seperti Hermitage Museum, museum ini juga mengkoleksi banyak karya seni. Museum ini menyimpan banyak koleksi dari keluarga Holbein. Selain itu ada juga koleksi dari zaman Renaisans. Kunstmuseum dirancang dan dibangun pada tahun 1931 dan selesai pada tahun 1936. Perancangnya dua orang arsitek yaitu Rudolf Christ dan Paul Bonatz. Pada tahun 1939, rezim Nazi banyak membuang karya seni modern buatan seniman berdarah campuran Jerman-Yahudi yang tidak memenuhi standard rezim. Kunstmuseum berhasil menyelamatkan karya-karya seni yang terbuang.

Demikian informasi tentang sejarah museum dan jenis-jenisnya. Sejarah museum perlu anda ketahui agar anda memahami apa fungsi museum, jenis-jenis museum dan beberapa contoh museum tertua di dunia. Tidak hanya dunia internasional, negara kita juga punya beberapa museum yang menarik dan banyak dikunjungi orang. Beberapa contoh museum di Indonesia adalah sejarah Museum Fatahillah, sejarah Museum Gajah, Museum di Ubud, sejarah Museum Ullen Sentalu, sejarah Museum Kapal Selam dan sejarah Museum Satria Mandala.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 03:08 Oleh :
Kategori : Bangunan