Tujuan Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

Sponsors Links

Organisasi pergerakan nasional adalah sebuah gerakan yang di lakukan oleh kaum terpelajar Indonesia yang memiliki Tujuan Organisasi Pergerakan Nasional untuk memperbaiki nasib atau keadaan dari rakyat indonesia dan yang sama-sama bertujuan untuk memperoleh kemerdekaan nasional. Kita bisa lihat lebih jelas tentang sejarah kemerdekaan indonesia yang bisa membantu kita juga, agar dapat lebih memahaminya.

Latar belakang dari organisasi pergerakan nasional ini adalah karena adanya kesadaran akan banyaknya penderitaan yang selama ini menimpa banyak warga dan masyarakat sekitar dan juga karena adanya kesengsaraan yang di alami rakyat selama penjajahan, yang membuat menderita. Kita juga bisa lihat tujuan organisasi Indische Partij yang ada kaitannya juga. Itu sebabnya, dengan adanya organisasi pergerakan nasional ini, di harapkan agar banyak masyarakat yang akhirnya bisa mendapatkan keadaan yang lebih baik, dan bisa membuat perubahan yang lebih baik lagi, atas keadaan dan kondisinya. Ada beberapa faktor yang mendukung adanya di bentuk organisasi pergerakan nasional ini :

Faktor dalam negeri

  1. Karena penderitaan rakyat yang berkepanjangan akibat kolonialisme dan imperalisme penjajah
  2. Lahirnya golongan terpelajar
  3. Perjuangan yang di lakukan selama ini masih bersifat kedaerahan dan tidak bersatu sehingga mudah saja di patahkan

Faktor luar negeri

  1. Kemenangan jepang atas rusia dalam tahun 1905
  2. Kebangkitan nasional negara-negara tetangga seperti, India, Philipina, Cina, dan Turki
  3. Masuknya paham-paham baru seperti nasionalisme dan demokrasi

Jadi, Tujuan Organisasi Pergerakan Nasional adalah untuk mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia, bebas dari belenggu penjajahan dari pihak kolonial asing. Untuk dapat menentukan nasib bangsanya sendiri dan juga demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Kita juga bisa lihat sejarah terbentuknya PMI yang menarik juga untuk kita pelajari.

Pergerakan nasional ini mulai berdiri tanggal 20 Mei 1908 yang di dirikan oleh Budi utomo. Kita bisa lihat tujuan organisasi Budi Utomo yang juga bantu kita dalam hal ini. Dan puncak dengan tercapainya kemerdekaan Indonesia yakni hari proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Politik etis ini, berhasil melahirkan golongan terpelajar yang menjadi pergerakan nasional pada awal abad ke-20. Kita mau lihat juga pahlawan nasional wanita Dengan adanya perjuangan pergerakan ini, kaum wanita bisa merasa mendapatkan kesempatan untuk turut serta dalam perjuangan dalam mencapai kemerdekaan.

Jadi jelas di sini, kita jadi tahu dengan jelas, bahwa Tujuan Organisasi Pergerakan Nasional adalah sekelompok orang dengan struktur keanggotaan resmi, yang memiliki satu tujuan bersama-sama berjuang untuk kepentingan suatu bangsa. Inilah yang menjadikan tujuan dari organisasi ini menjadi lebih lancar dan baik, juga dapat mendapatkan tujuan yang sama. Kita juga bisa lihat tujuan organisasi Internasional yang bisa bantu kita juga dalam hal ini.

Organisasi pergerakan nasional juga ada dalam banyak bentuk :

  • Organisasi pergerakan nasional Budi Utomo

Organisasi ini pertama lahir. Tujuan dari organisasi nasional ini dapat kita lihat dari anggaran dasarnya yang di setujui oleh pemerintah pada tanggal 28 Desember 1908. Yang ini agar budi utomo berusaha sekuat tenaga memajukan bangsa dan nusa jawa dan madura serta memberikan bantuan kepada orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama. Kita bisa lihat lebih jelas dalam sejarah Budi Utomo yang bantu kita juga dalam hal ini.


  • Sarekat Islam

Faktor utama didirikannya organisasi nasional ini adalah monopoli pedagang-pedagang cinda dalam penjualan bahan baku yang di rasakan oleh pengusaha-pengusaha batik indonesia di solo yang sangat merugikan mereka. Kita juga mau lihat organisasi Regional dan Global yang ada kaitannya dengan perdagangan dunia. Karena itu, sarekat islam memutuskan untuk bekerja sama dengan pemerintahan dan namanya di ganti menjadi partai sarekat islam indonesia. Kita bisa pelajari juga tujuan organisasi Sarekat Islam yang bantu kita untuk tahu lebih jauh tentang sejarah dan tujuan dari organisasi nasional ini.

  • Indische Partij

Organisasi ini adalah satu-satunya organisasi yang menyatakan dirinya partai politik. Di pimpin oleh tiga serangkai yang bekerja sama, agar membentuk suatu organisasi yang bisa memberikan sesuatu perubahan untuk masyarakat sekitarnya. Untuk itu, kita bisa lihat bahwa organisasi nasional ini, bisa memberikan perubahan. Meskipun organisasi ini sudah di bubarkan, namun tokoh-tokoh utamanya, tetap melanjutkan kegiatan politik. Bahkan telah membentuk partai sendiri. Sejarah Indische Partij yang bisa bantu kita melihat jelas juga.

  • Muhammadiyah

Salah satu organisasi pergerakan nasional yang satu ini tidak berhaluan politik. Karena kegiatannya bersifat sosial-keagamaan. Tujuan dari organisasi ini adalah dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, sosial, mendirikan masjid-masjid, dan mengusahakan penerbitan. Tujuan Organisasi Muhammadiyah juga bantu kita lihat dengan baik, sejarah ini.

  • Taman siswa

Taman siswa di dirikan atas sistem guru yang bertindak sebagai pemimpin yang berdiri di belakang, tetapi mempengaruhi dan memberi kesempatan kepada anak didik untuk berjalan sendiri. Taman siswa juga mengembangkan sistem pondok anak didik yang tinggal bersama dengan guru dalam satu asrama. Bagi taman siswa bukan kebendaan yang penting, tapi adalah kerohanian yang paling penting.

  • Pendidikan nasional Indonesia

Organisasi ini di tujukan untuk mengutamakan mendidik rakyat di bidang politik. Tujuannya ialah agar menumbuhkan kesadaran politik di kalangan rakyat. Untuk mengerahkan rakyat dalam perjuangan kemerdekaan, mereka harus di didik terlebih dahulu, agar mencapai satu tujuan yang sama.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,




Post Date: Saturday 29th, June 2019 / 02:11 Oleh :
Kategori : Organisasi