5 Tujuan Organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Sponsors Links

PBB atau perserikatan bangsa-bangsa adalah organisasi internasional yang di dirikan pada tanggal 24 oktober 1945 untuk mendorong kerja sama internasional. Ini adalah pengganti dari Liga bangsa-bangsa. Kita bisa tahu dari sejarah Berdirinya PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) yang bisa bantu kita memahami dengan jelas, sejarah dan Tujuan Organisasi PBB ini.

Tujuan utama PBB

  1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia
  2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia
  3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.
  4. Menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia
  5. Menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata

Pada saat di dirikan PBB memiliki 51 negara anggota, saat ini terdapat 193 anggota. Sejarah Berdirinya PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) yang juga bisa bantu kita memahami dengan jelas. Selain negara anggota, beberapa organisasi internasional, dan organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor khusus.

Ada asas di dirikannya organisasi permanen internasional ini :

  • PBB di dirikan atas dasar persamaan kedudukan dari semua anggota. Masing-masing anggota mempunyai kedaulatan yang sama.
  • Semua anggota harus memenuhi kewajiban-kewajiban mereka dengan ikhlas sebagaimana tercantum dalam piagam PBB. Kita juga bisa lihat Organisasi Regional dan Global yang ada hubungannya langsung dengan organisasi internasional ini. Tiap-tiap anggota dengan sepenuh hati harus memenuhi kewajiban-kewajibannya sebagaimana tercantum dalam piagam.
  • Semua anggota akan menyelesaikan perselisihan internasional mereka secara damai. Arti Lambang ASEAN yang bantu kita juga dalam hal ini. Semua anggota harus menyelesaikan setiap persengketaan internasional mereka dengan jalan damai sehingga tidak membahayakan perdamaian, keamanan dan keadilan.
  • Dalam melaksanakan hubungan internasional setiap anggota harus menghindari penggunaan ancaman dan kekerasan terhadap negara-negara lain. Negara APEC juga bisa bantu kita dalam hal ini, untuk tahu lebih lebih jelas maksud dari sejarah organisasi ini.

Jadi jelas, Tujuan Organisasi PBB adalah memelihara perdamaian dan keamanan internasional dan mengembangkan hubungan-hubungan persaudaraan antara bangsa-bangsa, untuk menciptakan kerja sama dalam memecahkan masalah internasional dalam bidang ekonomi, sosial budaya, dan hak asasi. Yang menjadikan PBB sebagai pusat usaha dalam mewujudkan tujuan bersama, dan cita-cita. Tujuan dari ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) juga bisa bantu kita, untuk tahu lebih jelas tentang organisasi internasional ini.

PBB saat ini terdiri dari lima organ utama. Piagam perserikatan bangsa-bangsa yang di adopsi dan di tandatangani pada 26 juni 1945 siap di tegakkan. Piagam yang sebelumnya di tandatangani pada konferensi san fransisco oleh perwakilan lebih dari 50 negara. Maka, tepat pada 24 oktober 1945, PBB pun resmi di dirikan. Organisasi di ASEAN yang juga menjadi salah satu hal yang harus kita ketahui juga.

PBB lahir atas kebutuhan untuk menengahi konflik yang terjadi di dunia internasional lewat perundingan. Adanya perang dunia II mendorong inggris, amerika serikat, dan uni soviet merumuskan deklarasi PBB pada januari 1942. Deklarasi tersebut di tandatangani oleh 26 negara untuk memerangi jerman, italia, dan jepang yang menjadi lawan perang. Kita bisa mengetahui itu, dengan melihat kronologi perang dunia 2 yang bisa membantu kita mengetahui dengan jelas, maksud dari sejarah ini.


Deklarasi akhirnya di selesaikan dengan perumusan piagam PBB pada konferensi di San Fransisco yang di selenggarakan pada 25 April 1945. Untuk itu kita mau tahu negara yang terlibat perang dunia 2 yang juga bantu kita mengetahui dengan jelas perang yang terjadi tersebut. Kemudian di buatlah konferensi yang memiliki Tujuan Organisasi PBB yang baik atas adanya organisasi ini :

  • Menyelamatkan generasi masa depan dari perang
  • menegaskan kembali iman dalam hak asasi manusia
  • Membangun penghormatan terhadap perjanjian internasional
  • Mempromosikan kemajuan sosial dan standar hidup yang lebih baik. Kita juga bisa lihat sejarah hari lingkungan hidup sedunia yang bisa bantu kita juga.

Dua tujuan lainnya yang terdapat dalam piagam ini adalah, untuk menghargai prinsip-prinsip persamaan dan penentuan nasib sebagai bangsa merdeka. Tujuan awal adalah untuk mencegah negara-negara kecil menjadi sasaran penjajahan raksasa komunis pascaperang. Untuk itu kita mau lihat penyebab perang dingin yang bisa bantu kita mengetahui dengan lebih jelas maksud dari sejarah ini. Untuk itu, meskipun sekarang perang sudah tidak ada lagi, dan tidak pernah terjadi konflik juga antar bangsa dan daerah-daerah sekitarnya, namun peran PBB dalam menjaga keamanan, tetap sangat penting dan tetap menjadi tanggung jawab dari organisasi internasional ini. Kita juga bisa lihat manfaat APEC bagi Indonesia yang juga bisa bantu kita melihat dengan jelas dalam hal ini.

Tugas PBB dalam lembaga internasional :

  • Membantu mencapai perdamaian dunia dan menyatukan berbagai negara agar terjalin hubungan baik antar sesamanya
  • Menjalin hubungan yang baik antar negara dan menghindari pertentangan yang berujung peperangan
  •  Bantuan bencana bagi bangsa atau negara yang sedang mengalami musibah seperti halnya korban bencana alam baik itu banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya.
  • Mengfasilitaskan dan melakukan kolaborasi di berbagai aspek kehidupan seperti aspek sosial, ekonomi, politik, budaya dan masih banyak lagi.
  • Berusaha agar negara yang menjadi bagian dari PBB selalu dalam keadaan damai dan meminta bagaimana agar negara ini dalam berbagai bidang.

Jadi, kita bisa tahu bahwa Tujuan Organisasi PBB adalah untuk menciptakan dan mempertahankan perdamaian dunia dan agar terwujudnya kerja sama antar bangsa yang sesuai dengan harapan bersama. Ini termasuk dalam mendukung aktif membantu peperangan dan mengalihkan antar bangsa agar terselesaikan dengan cara damai.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Saturday 29th, June 2019 / 02:27 Oleh :
Kategori : Organisasi