Tujuan Organisasi PNI dalam Pergerakan Nasional

Sponsors Links

Partai nasional Indonesia di dirikan di bandung pada 4 juli 1924 oleh kaum terpelajar yang di pimpin oleh Ir. Soekarno sebagai tokoh proklamator kemerdekaan indonesia. Tujuan Organisasi PNI adalah kemerdekaan Indonesia dan tujuan itu di capai dengan asas percaya pada diri sendiri. Kita bisa lihat juga sejarah berdirinya bangsa Indonesia yang bantu kita mengetahui dengan jelas didirikannya organisasi ini dengan baik. Arti dari asas organisasi ini adalah, memperbaiki keadaan sejarah partai politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang sudah di rusak oleh penjajahan, dengan kekuatan sendiri. Ada berbagai hal yang di capai melalui organisasi ini :

  • Usaha politik

Dengan cara memperkuat rasa kebangsaan persatuan dan kesatuan. Memajukan pengetahuan sejarah kebangsaan, mempererat kerja sama dengan bangsa-bangsa asia dan menumpas segala perintang kemerdekaan dan kehidupan politik. Kita bisa lihat juga sejarah partai politik di Indonesia yang bisa bantu kita dalam hal ini. Dalam bidang politik, organisasi ini juga berhasil menghimpun organisasi-organisasi pergerakan lainnya ke dalam satu wadah yang di sebut pemufakatan perhimpunan-perhimpunan politik kebangsaan Indonesia. Kita bisa pahami juga sejarah terbentuknya PMI yang bagus juga untuk kita pelajari. 

  • Usaha ekonomi

Tujuan dalam hal ini adalah dengan memajukan perdagangan rakyat, kerajinan atau industri kecil, bank-bank, sekolah-sekolah, dan terutama koperasi. Kita bisa lihat dengan jelas, melalui tujuan organisasi koperasi yang bantu kita juga.

  • Usaha sosial

Yaitu, dengan memajukan pengajaran yang bersifat nasional, mengurangi pengangguran, mengangkat derajat kaum wanita, meningkatkan transmigrasi dan memperbaiki kesehatan rakyat. Kitab juga bisa lihat tujuan organisasi internasional yang bisa bantu kita.

  •  1927

Di dirikan di bandung oleh para tokoh nasional seperti Dr. Tjipto Mangunkusumo, Mr. Sartono, Mr Iskaq Tjokrohadisuryo dan Mr Sunaryo. Selain itu para pelajar yang tergabung juga, di ketuai oleh Ir. Soekarno turut pula bergabung dengan partai ini. Kita juga bisa lihat sejarah partai hanura yang juga tak kalah menarik untuk di pelajari.

  • 1928

Berganti nama dari perserikatan nasional indonesia menjadi partai nasional indonesia

  • 1929

PNI di anggap membahayakan belanda karena menyebarkan ajaran-ajaran pergerakan kemerdekaan sehingga pemerintahan hindia belanda mengeluarkan perintah penangkapan pada tanggal 24 Desember 1929. Kita juga bisa lihat biodata pahlawan kemerdekaan Indonesia yang bisa bantu kita juga.

  • 1930

Pengadilan para tokoh yang di tangkap ini di lakukan pada tanggal 18 agustus 1930. Setelah di adili di pengadilan belanda maka para tokoh ini di masukkan dalam penjara di bandung.


PNI sendiri merupakan salah satu partai paling berpengaruh di Indonesia sejak pertama kali berdiri tanggal 4 juli 1927. Pada waktu itu, banyak organisasi pergerakan nasional yang di dirikan untuk menyadarkan bangsa Indonesia akan pentingnya sebuah kemerdekaan. Kita juga bisa lihat sejarah kemerdekaan Argentina yang bisa bantu kita mempelajari lebih banyak hal juga. Salah satu organisasi tersebut adalah perhimpunan Indonesia yang sebelumnya memiliki nama lain. 

Perhimpunan Indonesia menjalankan kegiatannya dari negeri belanda yang jauh karena memang para pendirinya adalah kumpulan mahasiswa indonesia yang merantau untuk belajar di belanda. Namun kerasnya niat perhimpunan Indonesia dalam menyebarkan semangat nasionalisme akhirnya sampai pada tanah air. Kita juga bisa lihat sejarah terbentuknya KPK di Indonesia yang bisa bantu kita juga mempelajari lebih banyak hal.

Dalam bergerak, PNI memiliki trilogi yang lahir dari pendapat bung karno sebagai tumpuannya. Kita juga bisa lihat biografi Bung Tomo (Sutomo) yang bisa bantu kita memahami dengan baik dan jelas, maksud dari sejarah indonesia. Trilogi ini, yaitu kesadaran nasional, kemauan nasional serta perbuatan nasional. Kegunaan trilogi ini di jadikan pedoman perjuangan pergerakan PNI dalam meraih Tujuan Organisasi PNI. Sementara itu, tujuan PNI untuk meraih kemerdekaan Indonesia bukanlah suatu keinginan remeh.

Pembuburan PNI tersebut menimbulkan perpecahan di kalangan internal PNI sendiri sehingga berdirilah :

  • Partindo yang di dirikan oleh Mr. Sartono dan menekankan aksi masa dalam gerakan partai
  • PNI baru yang di dirikan oleh Drs. Moehammad hatta, Mr. Soetan Syahrir, dan kawan-kawan yang menekankan pendidikan politik dalam gerakan partai. 

Jadi, Tujuan Organisasi PNI adalah mencapai indonesia merdeka dengan kekuatan sendiri. PNI bersifat terbuka sehingga keanggotaannya cepat berkembang. Cabang-cabang PNI terdapat di seluruh Hindia-Belanda. Badan ini merupakan sebuah badan koordinasi dari bermacam-macam aliran untuk menggalang kesatuan aksi melawan imperlisme atau penjajahan. Kemajuan yang di capai PNI dalam menyadarkan rakyat indonesia akan pentingnya kemerdekaan dan sikapnya yang non kooperasi menimbulkan kecemasan pihak belanda. Kita juga bisa lihat agresi militer Belanda 2 yang bantu kita juga tentang hal itu.

Selain itu, untuk menyebarluaskan gagasannya, PNI juga melakukan banyak cara yang membantu organisasi ini, agar dapat tersebarluaskan. Di sebarkannya organisasi ini, di lakukan melalui surat kabar, seperti banteng priangan di bandung dan persatuan Indonesia di batavia, maupun lewat para pemimpin khususnya Ir. soekarno sendiri. Itu sebabnya, organisasi ini bisa terjadi dan mulai tersebar luas ke berbagai negara, dan banyak di ketahui oleh banyak pihak juga. Dan dalam waktu singkat, PNI telah berkembang pesat sehingga menimbulkan kekhawatiran di pihak pemerintah belanda. 

Kemudian pemerintah memberikan peringatan kepada pemimpin PNI agar menahan diri dalam ucapan, propaganda, dan tindaknnya. Itu sebabnya, dengan menyebarluaskannya organisasi yang satu ini, ini bisa bantu setiap anggotanya, agar dapat menjadi lebih baik. PNI sendiri menentang kolonialisme dan imperalisme serta menolak bekerja sama dengan pemerintah belanda. Atas inisiatif PNI, pada tahun 1927 di bentuk pemufakatan perhimpunan-perhimpunan politik kebangsaan yang akhirnya, bekerja sama dengan organisasi-organisasi lainnya. 

Dengan munculnya isu bahwa PNI pada awal tahun 1930 akan mengadakan pemberontakan maka, pada tanggal 29 Desember 1929, pemerintah Hindia Belanda mengadakan pemeriksaan secara besar-besaran yang akhirnya, mengajukan diri ke pengadilan Bandung. Dalam sidang pengadilan inilah, Ir. Soekarno mengadakan pembelaan dalam judul Indonesia menggugat. Atas dasar tindakan inilah, para pemimpin PNI di anggap mengganggu ketertiban umum dan menentang kekuasaan Belanda sehingga di jatuhi hukuman penjara. Sementara itu, pimpinan PNI untuk sementara di pegang, atau di kuasai oleh Mr. Sartono dan dengan pertimbangan demi keselamatan, maka pada tahun 1931, resmi lah akhirnya organisasi ini PNI di bubarkan. 

Ada beberapa contoh organisasi pemuda di Indonesia :

Awal abad ke-20 sudah banyak mahasiswa di kota-kota besar terutama di pulau jawa. Para tokoh mahasiswa kedokteran sepakat untuk memperjuangkan nasib rakyat Indonesia dengan memajukkan pendidikan rakyat. Pada tanggal 20 mei 1908 sebuah organisasi bernama budi utomo di bentuk di jakarta. Ketua budi utomo adalah dr Sutomo (biografi bung tomo), dan tonggak berdirinya budi utomo adalah pada tanggal 20 Mei 1908 di kenang sebagai hari kebangkitan nasional. Pada awalnya, Sejarah Berdirinya Budi Utomo bukanlah partai politik.

Tujuan utamanya adalah kemajuan bagi Hindia Belanda. Hal ini terlihat dari tujuan yang hendak di capai yaitu, perbaikan pelajaran sekolah-sekolah, mendirikan badan wakaf yang mengumpulkan tunjangan untuk kepentingan belanja anak-anak sekolah, bahkan juga membuka sekolah pertanian, memajukan teknik dan industri, menghidupkan kembali seni dan kebudayaan bumi putera, dan menjunjung tinggi cita-cita kemanusiaan dalam rangka mencapai kehidupan rakyat yang lebih layak.

  1. Sejarah Budi utomo cenderung memajukan pendidikan untuk kalangan priayi daripada penduduk umumnya
  2. Lebih mementingkan pemerintah kolonial Belanda daripada kepentingan rakyat Indonesia
  3. Menonjolnya kaum priayi yang lebih mengutamakan yang jabatan menyebabkan kaum terpelajar tersisih. Ketika meletus perang dunia 1 tahun 1914, Budi utomo mulai terjun dalam bidang politik.
  4. Pada tahun 1935 Budi utomo mengadakan fusi ke dalam Partai Indonesia Raya. Sejak itu budi utomo terus mengalami kemerosotan dan mundur dari arena politik. 

Jadi jelas, Tujuan Organisasi PNI adalah mencapai Indonesia merdeka. Untuk mencapai tujuan tersebut, PNI menggunakan tiga asas yaitu, self help (berjuang dengan usaha sendiri) dan nonmendiancy, sikapnya terhadap pemerintah juga antipati dan nonkoorperasi. Dasar perjuangannya adalah marhaenisme. Ada banyak jenis partai nasional Indonesia lainnya juga, yang berkembang dan menjadi suatu organisasi yang banyak berpengaruh bagi rakyat, anggota, dan masyarakat sekitar. Itu sebabnya, dengan adanya organisasi ini, jadi bisa membuat banyak hal yang terjadi, dan bisa memberikan pengaruh yang baik bagi banyak hal. Banyak organisasi di buat dan melakukan banyak hal, karena tujuannya jlas untuk ingin membuat perubahan yang bisa membantu banyak orang dan anggotanya, dalam menyelesaikan kehidupan, dan memberikan kedamaian dalam keadaan yang lebih baik. 

Mengingat strategi perjuangan PNI adalah tidak mau bekerjasama dengan pemerintah kolonial Belanda. Oleh karena itulah anggota PNI tidak pernah bersedia berpartisipasi dalam dewan-dewan yang di adakan oleh pemerintah kolonial Belanda. Mengingat PNI merupakan partai dengan ideologis nasionalis dan di dirikan di Bandung. Mayoritas kaum terpelajar yang ingin membuat suatu organisasi yang bisa membantu banyak orang dalam membuat keadaan jadi lebih baik. Itu sebabnya, dengan berkembangnya organisasi ini, ini akan membuat perubahan besar bagi banyak orang, dan juga bisa membantu memberikan dampak yang baik bagi banyak anggotanya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Wednesday 10th, July 2019 / 09:36 Oleh :
Kategori : Organisasi