5 Ciri-Ciri Kehidupan Masa Perundagian dalam Berbagai Bidang

Sponsors Links

Dalam kehidupan manusia prasejarah yang terbagi kedalam beberapa waktu, tentu terdapat ciri pada masing – masing periode yang tercipta pada masa itu. Misalnya saja zaman batu memiliki ciri manusia purba menggunakan batu sebagai alat bantu, atau zaman besi digunakanlah besi sebagai alat. Ciri ini yang mengindikasikan suatu identitas yang melekat pada suatu masa atau pada suatu kehidupan. Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai ciri – ciri kehidupan pada masa perundagian, apa saja dan bagaimana pengaruhnya bagi kehidupan masa itu dan masa sekarang ini.

Pengertian zaman perundagian

Sebelum membahas mengenai ciri kehidupan zaman perundagian, terlebih dulu kita harus mengetahui definisi atau pengertian dari zaman ini. Dapat dibilang bahwa zaman ini merupakan zaman dimana jenis-jenis manusia purba di indonesia sudah mengenal logam sebagai alat bantu kehidupannya. Perundagian  berasal dari kata undagi yang memiliki arti tukang atau seseorang yang memiliki keterampilan. Berdasarkan tahun, zaman ini dimulai sejak 10.000 tahun yang lalu pada masa neolithik (zaman batu muda) dan juga mendekati ke zaman logam. Pada masa ini orang sudah mengenal logam dan terampil dalam pengolahan logam serta seluk beluknya walau masih dilakukan secara sederhana. Kenali juga Manusia Pendukung Zaman Paleolitikum.

Pada masa ini bahwa logam yang terbuat dari biji logam yang dilelehkan yang sebelumnya ditemukan oleh manusia zaman itu untuk diolah menjadi alat yang diperlukan. Pada masa ini pula masyarakat antar ras (Austromelanesia, Mongoloid, Manusia Purba) juga telah membaur satu sama lain dalam berkehidupan sosial.

Bahwa pembauran juga berdampak pada teknologi yang digunakan, teknologi logam kuno yang berada di Indonesia dipengaruhi budaya Vietnam. Hasil teknologi ini dikenal dengan Budaya Dong Son. Selain itu Thailand juga merupakan Negara asal teknologi logam kuno. Sehingga dapat disimpulkan masa perundagian merupakan masa dimana manusia dapat terampil menciptakan dan menggunakan logam untuk alat sehari – hari. Anda juga bisa mempelajari mengenai Ciri Zaman Arkaekum, Ciri Zaman Neozoikum, Ciri Zaman Mesolitikum.

Ciri-Ciri Kehidupan Masa Perundagian

Sebenarnya dalam kehidupan zaman perundagian memiliki banyak ciri meskipun hanya diketahui bahwa secara garis besar logam sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Oleh karena itu kami membagi ciri kehidupan zaman perundagian terhadap beberapa kategori sesuai dengan bidang yang ada sekarang karena meski sederhana, kehidupan masa perundagian juga cukup kompleks seperti kehidupan manusia modern dewasa ini.

  1. Ciri di Bidang Sosio – Ekonomi

Ciri utama perundagian yang pertama adalah pada bidang ekonomi, karena manusia sudah mengenal logam sebagai alat bantu kehidupan, maka kehidupan mereka dari segi ekonomi juga mengalami perkembangan yang pesat. Dibandingkan dengan peradaban jaman sebelumnya, bisa dibilang zaman perundagian lebih baik, ciri – ciri penting dalam bidang perundagian di bidang ekonomi terdapat pada poin berikut :

  • Tatanan hunian lebih tertata rapi dan terpimpin, ditemukannya hunian dengan pagar dan kuburan di luar pemukiman serta lebih tertata
  • Rumah yang ditempati sudah ada yang bertingkat, bukan lagi di gua atau nomaden
  • Kegiatan ekonomi sudah maju, dimulai dari pertanian, perikanan, gerabah dan kerajinan, dari sini awal mula kegiatan perdagangan dimulai
  • Timbul golongan ahli dalam mengerjakan pekerjaan tertentu, misal ahli keagamaan, ahli pertanian, ahli gerabah dan sebagainya.
  • Sudah dikenalnya sistgem pembagian kerja dalam pembuatan barang – barang dari logam
  • Sistem kemasyarakatan sudah teratur di zaman ini, dimana norma dan aturan telah tercipta
  • Diperkirakan model terhadap kuburan hanya diperuntukkan untuk kalangan pemimpin saja, secara sosial ini sudah tercipta strata.
  • Ketertarikan terhadap berburu / mengandalkan makanan dari alam semakin berkurang, dan lebih mengandalkan bersawah.
  • Pertanian tidak lagi berpindah tempat jika tidak subur, melainkan tetap seperti persawahan modern.
  • Ditemukannnya alat bersawah (bajak, pisau) yang mendukung teori bahwa zaman perundagian sudah maju karena budaya bersawah tersebut.

2. Ciri di Bidang Sosial – Budaya

Dalam bidang ini, masyarakat telah mengenal kehidupan yang lebih maju sehingga berdampak pada kehidupan sosial dan budaya nya secara langsung maupun tidak langsung, berikut adalah beberapa Ciri-Ciri Kehidupan Masa Perundagian dari aspek sosial budaya.

  • Manusia zaman ini sudah mengenal dengan baik seni dan upacara sebagai bagian dari kemajuan peradaban mereka, ketrampilan perundagian mereka terasah dengan adanya pertunjukan/benda seni yang diciptakan.
  • Pesatnya perkembangan alat – alat dari logam turut mempengaruhi kehidupan mereka sehari – hari.
  • Adanya perunggu menandakan tingkat kebudayaan mereka cukup tinggi dikarenakan sudah mengenal bagaimana mencampur logam
  • Adanya besi yang ditemukan pada zaman perundagian pula lebih menyempurnakan kebudayaan mereka karena sifatnya yang lebih keras dan kuat, serta pengolahan yang lebih rumit.
  • Terdapat peralatan gerabah yang dibuat oleh masyarakat zaman perundagian, dimana pembuatan alat ini mencirikan tingkat kebudayaan yang sudah maju.

3. Ciri di Bidang Teknologi

Tentu karena zaman ini memiliki kemajuan di bidang logam, teknologi yang digunakan juga semakin baik, manusia pada zaman itu sudah mengenal teknologi yang bagus untuk melakukan sesuatu dibanding pada zaman sebelumnya (palaeolithikum). Pembauran manusia dari luar Indonesia juga berpengaruh kepada teknologi yang berkembang. Adapun Ciri-Ciri Kehidupan Masa Perundagian adalah sebagai berikut:

  • Dikenalnya teknologi pertanian basah yaitu sawah, manusia mulai memahami cara bertanam, menyuburkan lahan, dan kegiatan sejenis
  • Dikenalnya teknologi pengairan bersamaan dengan bersawah karena sebelumnya manusia menyuburkan tanaman dengan cara upacara magis saja, tanpa teknologi yang tepat.
  • Teknologi metalurgi mulai dikenal, diantaranya teknologi pengecoran logam dimulai dari mengambil logam dan mengolahnya menjadi alat yang berguna
  • Teknologi pengecoran logam yang dikenal berupa a cire perdu, yakni menggunakan cetakan tanah liat untuk membuat bentuk benda yang diinginkan
  • Teknologi logam yang dibuat lebih efisien dari yang sudah dibuat sebelumnya
  • Kesejahteraan warga meningkat karena penggunaan teknologi logam
  • Diciptakannya tatanan berburu menggunakan alat logam dan hewan
  • Timbul sistem desa dari kumpulan kampung – kampung kecil
  • Timbul sistem ekonomi di kalangan masyarakat

4. Ciri di Bidang Budaya atau Kepercayaan

Dalam bidang budaya pada zaman perundagian, yang ditekankan disini ialah budaya masyarakat yang condong ke arah agama atau kepercayaan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa Ciri-Ciri Kehidupan Masa Perundagian di bidang budaya.

  • Digunakannya alat perunggu dalam upacara keagamaan zaman perundagian
  • Praktek penguburan menunjukkan strata sosial yang ada
  • Barang mewah ditempatkan pada orang meninggal dengan strata sosial tinggi, sedang orang biasa tidak.
  • Upacara kepercayaan tidak lagi sebatas terhadap nenek moyang leluhur, melainkan terhadap mata pencaharian, misalnya sedekah laut bagi nelayan
  • Dikenalnya animisme dan dinamisme, animisme ialah kepercayaan seseorang terhadap benda – benda yang memiliki roh atau nyawa. Sedangkan dinamisme merupakan perpanjangan dari animisme dimana yang dipuja ialah roh yang berdiam di satu tempat (misal pohon).
  • Kepercayaan animisme / dinamisme berkembang ke kepercayaan tunggal yang berasimilasi dengan agama modern sekarang (hindu atau budha atau islam)

Sebenarnya ada beberapa ciri lain yang menandakan peradaban zaman perundagian berbeda dengan zaman lainnya. Seperti contoh kemakmuran yang tercapai akibat kemajuan teknologi di bidang pertanian, peningkatan kehidupan sosial dari perkembangan teknologi logam, dan masih banyak lagi. Inti dari zaman perundagian ialah adanya kemajuan pesat daripada budaya yang diciptakan dari zaman ini dibanding zaman sebelumnya.

  1. Ciri Alat – alat pada zaman perundagian

Dalam zaman perundagian tentu terdapat peninggalan – peninggalan yang menjadi identitas dari zaman ini, ada banyak peninggalan yang menjadi ciri khas dari zaman ini, antara lain.

  • Alat dari perunggu, dimana perunggu merupakan campuran logam tembaga dan timah dengan perbandingan timah – tembaga 10:3, alat ini diturunkan dari kebudayaan dong son vietnam maupun dari tiongkok, contohnya adalah:
  1. Nekara, merupakan genderang perunggu dengan satu membran, di Indonesia sendiri ditemukan di Bali, Weleri, Flores, dan Banten.
  2. Kapak corong, berbeda dengan kapak batu kapak ini berbentuk seperti corong dan terbuat dari perunggu, di Indonesia ditemukan di Sumatera, Jawa, Bali, dan Papua
  3. Arca Perunggu, ditemukan di Bankinang Riau, berbentuk hewan atau manusia.
  4. Bejana perunggu, ditemukan di kerinci Jambi.
  5. Perhiasan, merupakan perkembangan kebudayaan khas perundagian dimana seni telah menjadi perhatian, contoh perhiasan yang ada ialah kalung, gelang, anting, cincin yang memiliki pola geometeris. Tempat ditemukan benda ini adalah di Bogor, Malang, Bali.
  • Alat dari besi, selain dari perunggu besi juga menyumbang ciri peradaban perundagian di zamannya. Besi yang digunakan terlebih dahulu dilebur kedalam wadah untuk dijadikan alat yang diinginkan. Teknik peleburan besi lebih sulit daripada tembaga maupun perunggu. Contoh dari alat besi yang pernah ditemukan di zaman ini antara lain:
  1. Mata kapak, digunakan untuk bertani dan kegiatan lainnya
  2. Mata pisau
  3. Mata sabit/clurit untuk pertanian dan persawahan
  4. Mata pedang untuk alat berburu
  • Alat dari tanah liat, pada masa ini penggunaan dan pembuatan alat dari tanah liat seperti gerabah bisa dibilang sudah lebih maju dari masa sebelum itu, tepatnya pada zaman bercocok tanam awal. Jenis gerabah yang dihasilkan lebih halus dan tipis, penemuan ini mencirikan kebudayaan perundagian karena kehalusan dan teknologi pembuatannya lebih baru, yakni berupa roda berputar untuk membuatnya. Alat ini dan gerabah ditemukan di Gilimanuk Bali dan Pulau Sumba.

Dari uraian diatas sudah dapat disimpulkan mengenai beberapa Ciri-Ciri Kehidupan Masa Perundagian, yang mengerucutkan informasi penting pada kita semua bahwa zaman ini merupakan zaman yang cukup maju dan berkembang pesat dibanding zaman sebelumnya. Dari segala aspek kebudayaan, ekonomi, sosial dan lainnya sudah cukup berkembang. Informasi ini perlu kita cermati sebagai perkembangan yang bagus karena bukan tidak mungkin kebudayaan yang tercipta sekarang berasal dari masa lalu di zaman perundagian yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 13th, October 2018 / 03:33 Oleh :
Kategori : Pra Sejarah