10 Bangunan Bersejarah di Malaysia Beserta Penjelasannya

Sponsors Links

Setiap negara pastinya memiliki beberapa bangunan yang sangat bersejarah bagi negaranya. Seperti halnya pada malaysia, juga memiliki beberapa Bangunan Bersejarah di Malaysia yang wajib dikunjingi. Berikut adalah daftarnya :

1. Masjid Jami’ Kuala Lumpur

Masjid Jami’ Kuala LumpurTidak ada yang menyangka di Kuala Lumpur ada bangunan yang usianya lebih dari satu abad di tengah menggeliatnya pembangunan di zaman modern ini. Namanya adalah Masjid Jami’ Kuala Lumpur yang mulai dibangun pada tahun 1907. Dari 1907 hingga saat ini, Masjid Jami’ Kuala Lumpur berusia seratus dua belas tahun menjadikannya sebagai masjid tertua di Kuala Lumpur. Dengan gaya bangunan mirip Moghul. Perancangnya adalah seorang arsitek yang bernama Arthur Benison Hubbock. Alamatnya berada di Jalan Tun Perak. Di sekitar masjid ada beberapa lokasi yang menarik seperti Jalan Tar, Little India dan pecinan. Pada tanggal 23 Juni 2017, masjid ini lalu diberi nama Masjid Jami’ Sultan Abdul Samad oleh Sultan Selangor yang bernama Sharafuddin Idris Shah.

2. Sultan Abdul Samad

Bangunan Bersejarah di Malaysia yang sangat menakjubkan ini berdiri megah di depan Dataran Merdeka. Di sekitar sini, anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang sangat indah. Apalagi di waktu malam sambil menikmati malam. Bangunan ini mulai dibangun pada abad sembilan belas lebih tepatnya di tahun 1893 dengan gaya Moor dan Moghul serta ditambah dengan tiga kubah yang melambangkan khas Islam. Di zaman dulu, bangunan ini digunakan sebagai tempat pejabat kerajaan. Hingga tahun 1948, setelah terbentuknya Persekutuan Tanah Melayu, bangunan ini lalu dikenal sebagai Sekretariat Persekutuan. Tempat pejabat dipindah ke Shah Alam. Sejak saat itulah, bangunan ini diberi nama sesuai dengan Sultan Selangor yang memimpin dari tahun 1857 hingga 1898 yaitu Sultan Abdul Samad. Alamatnya berada di Jalan Raja, Pusat Kota Kuala Lumpur.

3. Muzium Diraja Negara

Museum Diraja NegaraBangunan yang berada di Jalan Istana ini sudah berdiri sejak tahun 1928. Terletak di Jalan Istana, Muzium Diraja Negara telah berdiri di sini sejak dari tahun 1928 lagi. Museum bersejarah dulu adalah milik seorang hartawan Cina yang bernama Chan Wing. Ketika di era Perang Dunia Kedua dan Jepang datang ke Asia Tenggara, bangunan ini digunakan oleh Gubernur Jepang kala itu. Setelah Jepang menyerah, Inggris datang dang menguasai. Lalu beberapa saat kemudian digunakan sebagai istana Sultan Selangor.

Lalu bangunan ini dibangun lagi oleh sebuah lembaga seni bernama Swan & MacLaren dari Singapura. Museum Diraja Negara buka tiap hari mulai dari jam sembilan pagi hingga lima sore. Bangunannya terdiri dari tiga bagian yaitu halaman, sayap barat dan sayap timur. Di sayap timur ada ruang tahta. Di sayap barat ada tempat konferensi raja-raja. Tiket masuk untuk dewasa sebesar lima ringgit dan anak-anak hanya dua ringgit. Alamatnya di Jalan Istana Kota Kuala Lumpur.  Museum ini menyimpan berbagai ilmu sejarah tentang Kesultanan Selangor.

4. Museum Telekom

Ada lagi sebuah Bangunan Bersejarah di Malaysia yang bernama Museum Telekom. Desainnya seperti museum dari luar negeri dan gaya bangunannya cukup unik. Museum ini punya dua wajah yang berbeda. Wajah yang menghadap Jalan Raja Chulan bergaya Eropa sementara wajah yang menghadap ke Jalan Gereja bergaya Romawi dengan delapan buah pilar yang cukup tinggi. Museum Telekom atau dengan nama lain Museum Telekomunikasi Negara merupakan lokasi untuk anda dan keluarga bisa melihat dan mengamati perkembangan teknologi di dunia telekomunikasi di Malaysia mulai tahun 1870 hingga ke zaman modern. Orang di zaman dulu tidak menggunakan satelit untuk berkomunikasi.


Mereka hanya menggunakan alat seperti kayu dan buluh yang diketok-ketok. Di museum Telekomunikasi ini, kita bisa melihat bagaiman sistem kode morse di Tanah Melayu dimulai dengan kabel Hindia Timur Belanda. Lalu berlanjut ke London mulai dari Malaka dan Pulau Pinang. Museum ini buka pada pukul sembilan pagi hingga lima sore setiap hari. Hari libur umum museum ini tutup. Harga masuknya sebesar lima ringgit. Alamatnya berada di Jalan Raja Chulan di Kota Kuala Lumpur.

5. Istana Seri Menanti

Bangunan bersejarah yang bernama Istana Seri Menanti mempunyai keunikan yang menarik Istana ini dibangun tanpa menggunakan sebatang pakupun. Lalu bagaimana istana ini dibangun? Caranya adalah menggunakan teknik alternatif yang menarik yaitu menghubungkan kayu demi kayu dan tiang istana. Alat penghubungnya adalah pasak kayu. Pembangunan Istana Seri dimulai pada tahun 1902 ini memiliki empat batang tiang utama dan sembilan puluh sembilan batang tiang kayu. Gaya pembangunan Istana Seri Menanti dipengaruhi oleh gaya bangunan khas Minangkabau dari Indonesia. Jika anda ingin berkunjung ke Istana Seri Menanti, letaknya berada di Kuala Piah di Negeri Sembilan.

6. Kota A’Famosa

Kota A’FamosaA’Famosa adalah sebuah benteng yang telah dibangun oleh bangsa Portugis setelah mereka menaklukkan tana Malaka di tahun 1511. Kota A’Famosa ini dibangun oleh oleh buruh paksa dengan nama asli Benteng Melaka atau Bahasa Portugisnya disebut Fortaleza de Malaca. Untuk membangun Kota A’Famosa ini, hanya butuh waktu selama lima bulan. Bahan-bahan untuk membangun benteng ini diambil dari reruntuhan bangunan lain dan masjid. Karena itulah, dengan suhu panas yang sangat terik di waktu itu dan ditambah lagi dengan kekurangan pasokan makanan, banyak kaum buruh yang mati ketika membangun Kota A’Famosa ini. Alfonso de Albuquerque adalah orang yang bertanggung jawab atas pembangunan Kota A’Famosa ini.

Pada tanggal 14 Januari 1641, kolonial Belanda menyerbu A’Famosa melewati Pintu Santo Domingo Gate dan penyerbuan ini membunuh lebih 7,000 jiwa karena perang dan penyakit. Kota A Famosa yang rusak parah dalam pertempuran kini telah diperbaiki. Porta de Santiago yang menjadi pintu utama sudah digantikan dengan lambang Hindia Timur Belanda. Setelah itu, bangsa Belanda memperbaiki dan mengubah benteng A’Famosa dan meletakkan lambang mereka di atas pintu gerbang yang masih ada hingga saat ini dengan ukiran tulisan “Anno 1670”.

7. Benteng Kellie

Kellie’s CastleSiapa pun orang yang tinggal di wilayah Perak pasti mengenal akan tempat bersejarah yang bernama Kellie’s Castle atau Benteng Kellie. Latar belakang pembangunan Kellie’s Castle yang mirip dengan pembangunan Taj Mahal. Kenapa mirip dengan pembangunan Taj Mahal? Karena Kellie’s Castle ini dibangun atas simbol cinta dari William Kellie Smith kepada isteri tercintanya.

Kellie’s Castle ini telah dibangun sejak tahun 1915 tidak dapat diselesaikan sepenuhnya William Kellie Smith mati mendadak di tahun 1926 kerana Pneumonia. Gaya bangunan Benteng Kellie ini terinspirasi dari Skotlandia, India dan Moor. Walaupun memiliki sejarah dan kisah yang menarik, beberapa orang berpendapat bahwa di Benteng Kellie ini ditinggali oleh hantu atau makhluk halus. Orang-orang sering melihat arwah William Kellie Smith dan keluarganya melayang dan berjalan di kawasan Benteng Kellie.

8. Benteng Cornwallis

Fort Cornwallis yang berada di Pulau Pinang ini telah dibangun di tahun 1786 yang dipimpin oleh Francis Light yang selesai pada tahun 1810. Pengambilan nama Fort Cornwallis diambil dari seorang Gubernur Jenderal India yang bernama Charles Cornwallis. Benteng ini dibangun untuk menahan serangan musuh dan serangan para bajak laut. Luas Benteng Cornwallis 417.6 kaki persegi.

Sejarahnya, Kapten Francis Light menguasai Pulau Penang dari Sultan Kedah. Pada tahun 1804 ketika pecah perang di Eropa melawan Napoleon, Kolonel R.T. Farquhar berwenang sebagai gubernur di Penang dan menyelesaikan bangunan ini setelah ditinggal mati oleh Francis Light dengan biaya delapan puluh ribu dolar. Dengan parit seluas dua meter dan kedalaman dua meter yang mengelilingi benteng. Meski benteng ini dibangun untuk mendukung militer Inggris, tapi fungsinya lebih bersifat administratif daripada untuk bertahan.

9. Candi Lembah Bujang

Candi Lembah Bujang yang berada di daerah Kedah ini bisa disebut sebagai salah satu seni bangunan manusia yang paling tertua di kawasan Asia Tenggara. Meskipun Candi Lembah Bujang ini dilarang untuk sering dikunjungi tapi daerah ini memiliki sejarah dan cerita yang khas. Candi Lembah Bujang ini dibangun mulai awal masehi hingga abad dua puluh masehi. Candi Lembah Bujang ini memiliki peranan yang sangat penting dengan aktivititas di sektor perdagangan dan maritim. Menghubungkan perdagangan di beberapa negara Asia, Asia Barat, China dan India.

10. Kota Belanda

Kota Belanda yang berada di wilayah Perak ini telah dibangun di tahun 1670 oleh Serikat Hindia Timur Belanda. Kota Belanda ini dibangun sebagai tempat penyimpanan bijih timah yang mereka gali dari wilayah bagaimana mendapatkan bijih timah itu. Karena penduduk setempat yang tidak setuju, mereka langsung menghancurkan Kota Belanda tersebut. Semuanya hancur lebur. Setelah Kota Belanda telah berhasil dihancurkan, Belanda memulai pembangunan Kota Belanda lagi pada tahun 1749.

Di waktu itu, Kota Belanda telah menempatkan sebanyak delapan puluh orang penjaga. Setelah tahun 1779, Kota Belanda tidak digunakan lagi. Belanda sepertinya lebih tertarik ke perdagangan rempah yang berlimpah di tanah Maluku di Indonesia. Di sisi lain di tanah Eropa, negeri Belanda juga terpaksa berperang dengan kaisar Perancis yang kuat bernama Napoleon. Karena terlalu fokus menghadapi perang di Eropa, Kota Belanda yang berdiri di wilayah Perak ini malah jadi tidak terurus.

Demikian informasi tentang bangunan bersejarah di Malaysia. Bangunan bersejarah di Malaysia perlu anda ketahui agar memahami seluk beluk kisah dan sejarah negeri tetangga kita bahwa sebagai sesama negara di kawasan Asia Tenggara, Indonesia dan Malaysia juga harus berhadapan dengan penjajah dari bangsa Eropa seperti Inggris, Belanda dan Portugis. Banyak artikel menarik lain bangunan bersejarah di Indonesia, bangunan bersejarah di Jawa Barat, bangunan bersejarah di Amerika, bangunan bersejarah di Aceh, bangunan bersejarah di Afrika dan bangunan bersejarah di Australia.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Monday 18th, March 2019 / 02:55 Oleh :
Kategori : Bangunan