Sejarah Museum Kesehatan Surabaya Beserta Koleksinya

Sponsors Links

Museum sejarah menjadi museum yang sudah umum dan dapat dengan mudah Anda temui di setiap daerah atau kota. Bagaimana dengan museum kesehatan? Mungkin museum tersebut terdengar cukup asing bagi Anda. Namun, museum ini benar benar ada. Museum tersebut telah berdiri cukup lama di Surabaya. Cukup menarik bukan? Sama halnya dengan museum yang selalu menyimpan banyak cerita dan pengetahuan, begitu juga museum kesehatan tersebut. Lantas, seperti apa keunikan dan keistimewaan yang di miliki oleh museum satu ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Baca artikel tentang Sejarah museum kebangkitan nasionalSejarah museum kota tua dan Sejarah museum Jenderal Sudirman.

Sejarah Museum Kesehatan Surabaya

Sejarah Museum Kesehatan SurabayaMuseum Kesehatan di Surabaya sebenarnya memiliki nama Museum Kesehatan Dr. Adhyatama, MPH. Gedung ini telah berdiri sejak tahun 1990. Namun, baru di resmikan dan di buka untuk umum pada tahun 2004, lebih tepatnya pada tanggal 14 September 2004 oleh Menteri Kesehatan Indonesia pada masa itu yaitu bapak Ahmad Sujuri. Museum ini baru di resmikan sekaligus dengan menambah fasilitas perpustakaan dan beberapa ruang audio visual sebagai gambaran penjelasan yang lebih detail.

Tujuan di bangunnya Sejarah Museum Kesehatan Surabaya ini adalah untuk melestarikan warisan budaya dan mengabadikan setiap peristiwa penting yang berkaitan dengan bidang kesehatan. Hal ini di inisiasi oleh Departemen Kesehatan Indonesia dengan diwakilkan oleh Pusat Pengembangan Riset Teknologi dan Pelayanan Kesehatan Surabaya. Dengan adanya pembangunan museum tersebut, di harapkan masyarakat akan lebih mengenal tentang kesehatan baik para tokoh, menteri, atau peristiwa penting yang berkaitan dengan kesehatan. Ada pula informasi tentang Sejarah Museum PP IPTEKSejarah museum kepresidenan Bogor, dan Sejarah berdirinya gereja katolik di Indonesia.

Koleksi Barang di Museum Kesehatan Surabaya

Seperti halnya museum pada umumnya, Sejarah Museum Kesehatan Surabaya juga memiliki perpustakaan khusus yang menyimpan beragam literatur tentang kesehatan. Mulai dari sejarah, tokoh, penyakit, peralatan, dan beragam hal lainnya. Tidak hanya berupa buku, perpustakaan ini juga menyimpan dalam bentuk media lain seperti rekaman, video, kaset, majalah, dan lain sebagainya. Dengan adanya perpustakaan, pengunjung dapat dengan mudah menambah wawasan beragam hal terkait kesehatan.

Ada pula beberapa gambar tokoh penting yang di pajang di museum. Tokoh tersebut misalnya para menteri yang pernah menjabat dari masa ke masa, para tokoh kesehatan Indonesia dan dunia, dan dokter dunia yang berperan penting pada perkembangan ilmu kesehatan. Seperti Dr. Adhyatma yang pernah menjabat menjadi menteri Kesehatan RI di tahun 1988 sampai tahun 1993. Kemudian ada pula Nona M. Thomas sebagai dokter perempuan pertama, dan tokoh tokoh lainnya.

Tidak sekadar itu, di museum kesehatan Surabaya ini Anda juga akan menemukan koleksi wayang yang ternyata juga memiliki peran di bidang kesehatan pada cerita pewayangan. Beberapa tokoh wayang tersebut yaitu:

  • Sadewa yang memiliki kelebihan dalam mengadakan ruwatan sebagai seseorang dapat tertolak oleh bala
  • Limbuk, seorang pemuda yang memiliki sifat peduli terhadap ilmu kesehatan
  • Abiyasa, yang memiliki peran untuk menjadi tabib di istana
  • Krisna, yang mampu menyembuhkan penyakit seseorang dengan menggunakan Bunga Wijaya Kusuma, dan
  • Raden Samba Wisnubrata, yang juga mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit

Banyak sekali jenis koleksi yang memang tak akan Anda temui di museum mana pun. Sehingga, museum Kesehatan Surabaya ini bisa menjadi salah satu destinasi liburan sekaligus wisata belajar yang mampu menambah pengetahuan Anda terkait kesehatan secara meluas. Baca juga tentang Peninggalan Kerajaan AcehSejarah perang Aceh melawan BelandaSejarah Candi Muara TakusSejarah masjid agung Semarang.


Tata Letak Museum Kesehatan Surabaya

Museum ini secara umum di bagi menjadi beberapa ruang menurut jenis koleksi yang di pamerkan. Pembagian ruang tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Sasana Adhyatma, yang menyimpan dan memamerkan beragam barang bersejarah milik Dr. Adhyatma, Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada masa itu. Barang lain yang juga bisa Anda temui yaitu prasasti untuk mengenang beliau.
  • Sasana Kencana menjadi ruang tersendiri yang di gunakan untuk memamerkan barang bersejarah tentang kesehatan. Mulai dari lencana yang terbuat dari logam mulia, dekorasi, bahkan beberapa surat penghargaan terkait kesehatan dan profil pelopor kesehatan juga di simpan pada ruangan tersebut.
  • Sasana Kespro lebih memusatkan barang koleksi pada kesehatan reproduksi. Di sini akan Anda temui beragam jenis alat yang di gunakan untuk kesehatan reproduksi, kesehatan tentang ibu dan anak pula, persalinan, keluarga berencana, dan kesehatan yang meliputi tentang kehamilan.
  • Sasana Genetika. Di ruang tersebut Anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam terkait genetika. Di sini akan di tunjukkan bagaimana silsilah keluarga sebenarnya di turunkan, apa saja yang mewarisi genetika manusia, bahkan juga di jelaskan silsilah kerajaan yang ada di Indonesia.
  • Sasana Kesehatan Budaya. Di ruang ini lebih di pamerkan terkait barang barang yang pada masanya di yakini mampu memberikan kesembuhan kepada seseorang yang berobat. Alat medis yang memiliki nilai gaib dan spiritual juga di pajang di ruangan satu ini.
  • Sasana Fauna. Di ruang ini akan di jelaskan lebih dalam tentang bakteri dan virus yang bisa menjangkit tubuh manusia. Tidak hanya itu, di jelaskan pula beberapa hewan yang bisa menjadi mediator untuk penyebaran penyakit menular. Anda bisa mengetahui hal tersebut lebih lanjut di ruangan Fauna.
  • Sasana Medik dan Non Medik. Di ruang ini Anda akan menemukan bagaimana alat medis dan non medis mengalami perubahan dan perbaikan dari masa ke masa. Banyak pula benda yang dahulu di gunakan oleh lembaga kesehatan sebagai layanan yang mampu membantu masyarakat mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Museum ini buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu tapi tidak untuk hari libur nasional. Untuk jam operasionalnya, Museum Kesehatan Surabaya di buka pada pukul 08.30 dan di tutup pada pukul 15.00 WIB. Harga tiket masuk museum ini bisa di bilang cukup murah yaitu 5.000 untuk setiap pengunjung. Anda bisa mengajak keluarga dan sahabat Anda untuk datang ke mari agar semakin tahu sejarah kesehatan secara luas.

Untuk alamat museum, Museum Kesehatan Surabaya berada di Jalan Indrapura No 17 Kemayoran, Krembangan, kota Surabaya. Akses untuk menuju tempat ini pun juga sudah cukup mudah baik menggunakan kendaraan pribadi atau pun menggunakan angkutan umum. Anda juga bisa dengan mudah menggunakan Google Maps dan penunjuk arah sekitar untuk membantu Anda sampai di Museum Kesehatan Surabaya.

Nah, sudah di jelaskan secara detail seperti apa Museum Kesehatan itu. Dengan di bangunnya museum tersebut, tentu pemerintah berharap masyarakat lebih tahu dan paham tentang kesehatan baik sejarah, tokoh, atau beberapa penyakit dan alat medisnya. Yuk, segera ajak orang terdekat Anda untuk berkunjung ke sini.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Tuesday 22nd, January 2019 / 08:01 Oleh :
Kategori : Bangunan