7 Tujuan Organisasi APEC (Asian Pasific Economic Coorporation)

Sponsors Links

Sejarah berdirinya APEC telah melakukan banyak hal yang akan di sepakati oleh banyak pihak. Ini membuat banyak hal yang bertentangan, soal isu – isu ekonomi menjadi suatu hal yang justru, mau di pertahankan. Karena itu juga ada kaitannya dengan Tujuan Organisasi APEC :

  1. Mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik, supaya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi ekonomi anggota
  2. APEC sebagai forum ekonomi yang tujuannya mendorong serta memfalitaskan kegiatan perdagangan dan investasi yang lebih bebas dan terbuka di kawasan Asia Pasifik.
  3. Meningkatkan kerja sama antara negara anggota yang di tunjukkan pada pengembangan kapasitas ekonomi anggota.
  4. Menjadi tempat usaha negara maju untuk membantu negara yang sedang berkembang
  5. Menjalankan kebijakan ekonomi secara sehat dengan tingkat inflasi rendah
  6. Mengurangi atau mengatasi sengketa ekonomi perdagangan
  7. Memperjuangkan kepentingan ekonomi di kawasan tersebut di tengah – tengah perkembangan ekonomi internasional

Awalnya sistem ekonomi komunis yang adalah sistem ekonomi yang juga di pertahankan banyak yang memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda. Inilah yang akhirnya, jadi membuat kita tahu sejarah pembentukan APEC yang ada hubungannya dengan tujuan dari organisasi besar ini, yang bekerja sama dengan banyak negara – negara di Asia.

APEC sendiri, yang adalah forum ekonomi serta Tujuan Organisasi APEC untuk meningkatkan kerja sama dan juga liberal perdagangan, yang mencakup banyak hal dalam ekonomi antar Asia pasifik. Sejarah Berdirinya APEC juga adalah bahwa organisasi ini, ingin agar kerja sama ekonomi regional yang ada di kawasan Asia pasifik, bisa berjalan lancar dan menjadikan anggotanya bekerja bersama. Dalam APEC, ada prinsip kerjanya yang bisa mewujudkan Tujuan Organisasi APEC, itu di bagi dalam beberapa hal :

  • Keputusan di APEC harus di sepakati oleh anggota – anggotanya
  • Semua kesepakatan dalam forum di lakukan secara sukarela dan hendaknya tidak mengikat
  • Pelaksanaan keputusan di lakukan secara bersama – sama 
  • Setiap ekonomi maju di harapkan melakukan liberalisasi terlebih dahulu. Kita juga bisa memahami tujuan dari ASEAN yang ada hubungannya dengan APEC yang sudah bekerja bersama.

Banyak perundingan yang di lakukan oleh organisasi yang satu ini. Yang awalnya hanya untuk kepentingan bersama, maka di bentuklah APEC ini, yang membantu menyadarkan banyak orang. Adanya perubahan atas gagalnya itulah yang menjadi dasar, mulai di bentuknya APEC. Karena banyak kekhawatiran yang terjadi manfaat APEC bagi Indonesia sebagai Negara Anggota maka mulai di bentuklah organisasi yang satu ini.

APEC terbentuk pada tahun 1989 pada saat pertemuan tingkat menteri negara – negara dari Asia Pasifik yang di adakan di Australia. Kita bisa bayangkan sejarah kemerdekaan Australia yang bantu kita melihat tentang negara yang satu ini, yang menjadi negara yang besejarah dalam pertemuan APEC untuk pertama kalinya. Tujuan Organisasi APEC ini, sebenarnya hanya ingin meningkatkan kesejahteraan dan juga pertumbuhan ekonomi di kawasan yang ada di Asia Pasifik.

Supaya kerja sama ekonomi bisa meningkatkan volume perdagangan dan juga investasi yang memadai, sehingga terciptalah tujuan atau keinginan dari organisasi resmi ini, di tingkat regional. Kita bisa melihat juga daftar negara APEC yang membantu menopang adanya di bangun organisasi ini. APEC juga bertujuan untuk memperjuangkan kepentingan ekonomi yang ada di tengah – tengah pembangunan ekonomi di pasar Internasional.

Awal dari di bentuknya APEC ini, karena perubahan yang terjadi di Uni Soviet dan juga Eropa Timur. Yang di mana mereka mulai menggunakan sistem ekonomi yang komunis, dan juga mengikuti perubahan sistem ekonomi lainnya. Kita bisa melihat dengan jelas tujuan organisasi koperasi dalam bidang Ekonomi yang membantu kita memahami dengan jelas, sistem ekonomi Indonesia yang memiliki pengaruh besar untuk banyaknya forum ekonomi Indonesia.


Sistem ekonomi komunis yang merupakan sistem ekonomi tertutup bebas berubah menjadi sistem ekonomi liberal dan bebas juga. Karena itu muncul banyak kesadaran yang akan membutuhkan banyak waktu untuk mulai di bangun kembali sistem ekonomi pada rakyat Indonesia. Ada juga tujuan organisasi AFTA bagi negara ASEAN yang memiliki pengaruh besar juga untuk perekonomian bangsa dan APEC yang bisa menjadi pengaruh untuk berkembang.

Setelah itu, muncullah kembali awal yang terjadi dalam perundingan yang menjadi penyebab di bentuknya APEC. Jika perundingan yang sudah di setujui oleh banyak pihak itu, ternyata gagal dan tidak mencapai tujuannya, maka akan muncul sikap proteksionis dan akan lahir kelompok – kelompok regional yang tertutup. Itulah yang menyebabkan kelompok yang tertutup kembali terjadi. Kita juga bisa melihat contoh terbentuknya sejarah terbentuknya FPI di Indonesia yang bisa menjadi banyak pengaruh dalam organisasi luar.

Karena kebutuhan ekonomi satu negara tidak bisa lepas dari negara lain, berbagai organisasi ekonomi regional dan global pun menjadi hal yang paling penting, dalam pembentukkan APEC. Beberapa anggotanya yang mungkin ingin terwujudkan satu kesatuan bersama dengan, organisasi dari negara lain ingin mempermudah jalan untuk perekonomian yang lebih baik. Ada beberapa perbedaan APEC dan OPEC sebagai organisasi Internasional yang juga berhubungan langsung dengan banyaknya pengaruh perekonomian antar negara.

Beberapa organisasi regional ini menandakan reformasi ekonomi anatr negara nya, yang di untungkan karena menarik banyak pendukung asing yang akan membangun organisasi ini menjadi lebih baik. Ini juga bertujuan untuk menanamkan modal kepada Indonesia, agar dapat bersaing dengan negara lainnya. Ada juga sejarah hari bela negara (19 Desember yang bantu kita memahami dengan lebih jelas, apa maksudnya bela negara untuk perekonomian Indonesia.

APEC sendiri yang mendukung peningkatan perdagangan Indonesia, membantu dalam banyak hal yang memberi pengaruh besar untuk menunjang ekonomi bangsa yang lebih baik. Itu sebabnya, APEC yang menjadi forum ekonomi, menjadi sangat penting untuk kepentingan masyarakat, sosial, dan kebudayaan. Kita bisa memahami hasil kebudayaan zaman Mesolitikum yang tak kalah menarik untuk di perhatikan.

Karena perubahan politik dunia yang membuat munculnya berbagai kelompok perdagangan regional yang bersifat tertutup, membuat banyak pihak yang jadi meragukan banyak hal dalam sistem perdagangan dunia. Kita bisa membayangkan juga sejarah Budi Utomo yang bisa memberikan pengaruh besar untuk perekonomian negara yang baik.

Karena adanya dinamika proses globalisasi yang sangat luas dan terjadi secara luas di belahan bumi, itu sebabnya ini membuat negara – negara yang di anjurkan untuk melakukan perubahan struktur ekonomi yang tujuannya, agar dapat berjalan lancar dalam pasar ekonomi untuk masyarakat. Banyak juga yang beranggapan, dengan adanya tujuan APEC sendiri, berarti ada kekhawatiran juga untuk takut gagal, karena putaran dari ekonomi masyarakat yang berpengaruh besar.

Peran APEC Untuk Indonesia

Banyak negara – negara di kawasan Asia pasifik juga jadi saling tergantung, karena hubungannya dengan banyak negara – negara daerah Asia pasifik yang mungkin saja bisa menjadi pengaruhnya untuk rakyat. Adanya perubahan besar di bidang politik dan ekonomi yang terjadi dan berlangsung di Eropa Timur dan Uni Soviet, yang akhirnya membuat terbentuknya tujuan – tujuan dari APEC tersebut. 

Itu tadi adalah tujuan di bentuknya organisasi dari APEC, yang kita tahu sebagian bahwa organisasi besar yang bekerja sama dengan banyak negara ini, sangat berpengaruh besar untuk perekonomian negara, dan menjadi forum utama bagi banyak negara, agar bisa berkunjung dan melakukan kerja sama dengan banyak pihak. Namun, ini juga menjadi faktor penentunya organisasi ini dengan banyak negara – negara lainnya. 

Ada beberapa peran APEC untuk Indonesia :

  • Sarana untuk membangun kepercayaan dan hubungan dengan negara
  • Sarana untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing Indonesia, melalui proyek – proyek pelatihan teknis
  • Sarana untuk memastikan bahwa pasar Asia pasifik tetap terbuka bagi produk ekspor unggulan Indonesia
  • Ini juga menjadi sarana peningkatan investasi.
  • Turut stabilitaskan pertumbuhan ekonomi di kawasan melalui pertukaran informasi kebijakan
  • Menciptakan kondisi yang mendukung peningkatan perdagangan kawasan
  • Sarana pembahasan yang ada, setelah terjadi banyak perdebatan
  • Mendorong pertumbuhan yang berkualitas 
  • Mempermudah dan memfalitaskan dunia usaha

Organisasi ini membuat banyak perubahan atas negara – negara yang mendukungnya. Itulah yang menjadikan APEC sebagai organisasi resmi yang di ciptakan untuk forum ekonomi yang berkembang maju. 

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Wednesday 12th, June 2019 / 07:17 Oleh :
Kategori : Organisasi