Jenis-Jenis Museum di Dunia dan Penjelasannya

Sponsors Links

Ada berbagai jenis museum di Indonesia maupun dunia. Jenis museum dapat dibedakan jenisnya berdasarkan kategori tertentu. Pada artikel ini akan dibahas jenis-jenis museum dan penjelasannya.

Pengertian Museum

Sebelum membahas mengenai jenis museum, terlebih dahulu akan dibahas mengenai pengertian museum. Pengertian museum secara etimologis berasal dari Bahasa Yunani Klasik, yakni Muze yang bermakna kumpulan 9 dewi sebagai lambang ilmu dan kesenian. Museum berdasarkan KBBI adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno. Berdasarkan pengertian para ahli, museum adalah:

  1. Menurut A. C. Parker, museum adalah sebuah lembaga yang dengan aktif menjelaskan manusia dan juga alam.
  2. Menurut Douglas A. Allan, museum adalah gedung yang di bagian dalamnya menyimpan sejumlah kumpulan benda yang digunakan untuk kesenangan dan penelitian studi.
  3. Menurut Sri Soejatmi, museum adalah lembaga yang memiliki tugas melestarikan dan mewariskan budaya dengan cara mengumpulkan, memiliki, merawat, memamerkan, dan juga mengomunikasikannya kepada masyarakat.
  4. Menurut Moh. Amir Sutaarga, museum adalah lembaga permanen yang memberi layanan untuk kepentingan masyarakat serta kemajuannya, tidak mencari keuntungan, terbuka untuk umum yang meneliti, memelihara, memamerkan, serta komunikasi beberapa benda pembuktian material manusia di dalam lingkungannya demi pendidikan, studi, dan rekreasi.
  5. Menurut International Council of Museum (ICOM), museum merupalan lembaga non-profit yang memiliki sifat permanen untuk memberi pelayanan terhadap masyarakat dan perkembangannya yang terbuka untk umum dan memiliki tugas untuk mengumpulkan, meneliti, melestarikan, mengomunikasikan, serta memamerkan warisan dari sejarah manusia.
  6. Menurut Advaced Dictionary, museum merupakan suatu gedung yang di dalamnnya memamerkan benda-benda sebagai gambaran tentang sejarah, seni, ilmu pengetahuan, dan masih banyak lagi.

Sejarah museum

Bangunan lain yang diketahui berkaitan dengan sejarah museum adalah bagian kompleks perpustakaan yang dibangun khusus untuk seni dan sains. Hal ini terutama filsafat dan riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter pada tahun 280 SM. Museum yang pertama kali dibangun di Indonesia yakni Museum Radya Pustaka. Selain itu, ada juga Museum Gadjah yang dikenal sebagai museum yang memiliki koleksi terlengkap di Indonesia. Baca juga sejarah museum, sejarah Museum Satria Mandala, sejarah Museum Vredeburg, dan sejarah Museum Sonobudoyo.

Museum pada awalnya bermula sebagai tempat untuk menyimpan koleksi milik individu, keluarga, atau institusi kaya. Museum biasanya menyimpan karya seni dan benda-benda yang langka atau kumpulan benda alam dan artefak arkeologi. Baca juga sejarah Museum Radya Pustaka, sejarah Museum Sumpah Pemuda, Sejarah Museum Sasmitaloka, sejarah Museum Fatahillah, dan sejarah Museum Gajah.

Fungsi Museum

Secara umum fungsi museum adalah menyimpan, mengamankan, merawat, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Secara khusus fungsi museum terbagi menjadi 2 yakni:

  1. Tempat pelestarian

Fungsi museum sebagai tempat pelestarian meliputi:

  • Penyimpanan yang terdiri dari pengumpulan benda untuk menjadi koleksi, sistem penomoran, pencatatan koleksi, dan penaataan koleksi.
  • Perawatan yang terdiri dari kegiatan mencegah dan menanggulangi kerusakan koleksi
  • Pengamanan yang terdiri dari kegiatan perlindungan untuk menjaga koleksi dan gangguan atau kerusakan oleh faktor alam dan ulah manusia.

  1. Sumber informasi

Museum berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat ataupun penelitian. Penelitian diselenggarakan untuk mengembangkan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dalam penyajiannya, maka museum wajib memperhatikan aspek pelestarian dan pengamanannya.

Jenis-Jenis Museum

Museum sendiri mempunyai beragam jenis, dari institusi besar dan mencakup banyak kategori, hingga institusi kecil yang hanya memusatkan diri kepada subjek tertentu, seseorang, atau lokasi. Terdapat pula museum yang koleksinya merepresentasikan dunia. Pada umumnya koleksi mencakup bidang seni, sejarah, ilmu pengetahuan, dan sejarah alam. Pembahasan mendalam mengenai jenis-jenis museum secara mendalam yakni sebagai berikut. Jenis-jenis museum secara umum dapat dikelompokkan berdasarkan tingkatan koleksinya, penyelenggaranya, dan koleksi.

  1. Berdasarkan tingkat koleksinya
  • Museum lokal

Museum lokal merupakan jenis museum yang mempunyai tingkatan koleksi dalam taraf lokal atau daerah saja. Koleksi bendanya pun hanya terbatas pada warisan dan budaya yang ada pada daerah itu saja.

  • Museum regional

Museum regional merupakan jenis museum yang mempunyai tingkatan koleksi terbatas dan hanya dalam lingkup daerah regional. Pada umumnya koleksinya berasal dari daerah regional tempat museum tersebut berdiri.

  • Museum nasional

Museum nasional merupakan jenis museum yang mempunyai tingkatan koleksi sesuai dengan kelas nasional ataupun internasional. Museum ini biasanya berisi berbagai benda dari daerah di suatu negara. Baca juga sejarah Museum Kapal Selam Surabaya, sejarah Museum Ullen Sentalu, sejarah Museum Kambang Putih Tuban.

2. Berdasarkan penyelanggarannya

  • Museum pemerintah

Museum ini diselenggarakan dan dikelola oleh pemerintah baik itu pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

  • Museum swasta

Museum ini tidak diselenggarakan oleh pemerintah. Museum ini dibangun dan diselenggarakan oleh perseorangan atau swasta, tetapi tetap haru mendapatkan izin dari pemerintah.

3. Berdasarkan koleksi

  • Museum umum

Museum umum merupakan museum yang benda koleksinya berupa kumpulan bukti material manusia dan lingkungannya yang berkaitan dengan hal umum. Koleksi dari museum ini dapat berisi berbagai macam disiplin ilmu yang tidak hanya mengkhususkan satu cabang saja.

  • Museum khusus

Museum khusus merupakan museum yang koleksinya hanya berkaitan dengan satu cabang ilmu pengetahuan, satu cabang teknologi, dan lainnya. Museum ini tidak memiliki koleksi di luar dari cabang pengetahuan, seni, dan teknologi yang dikhususkan. Baca juga sejarah Museum Kalimantan Barat, sejarah Museum Kota Makassar, dan sejarah Museum Keraton Yogyakarta.

Selain itu, jenis museum menurut International Council of Museum (ICOM) terdiri dari:

  • Art museum

Art museum (museum seni) merupakan museum yang mengelola menyimpan dan mengumpul benda yang berkaitan dengan kesenian.

  • Archeology and history museum

Archeology and history museum merupakan museum yang didalamnya berisi benda arkeologi dan benda bersejarah yang menyimpan tentang sejarah manusia beserta peradabannya.

  • National museum

National museum atau museum nasional merupakan museum yang menyimpan benda yang berasal dari berbagai wilayah dari negara tempat museum itu berdiri.

  • Natural history museum

Natural history museum atau museum ilmu alam merupakan museum yang menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan peradaban ilmu pengetahuan alam.

  • Science and technology museum

Science and technology museum merupakan museum yang isinya berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Specialized museum

Specialized museum atau museum khusus merupakan museum yang dikhususkan untuk satu benda khusus tertentu yang mungkin berbeda dari kelima jenis museum sebelumnya. Baca juga pembahasan mengenai Museum di Amsterdam, museum tertua di dunia, museum di Bangkok, museum di Kuala Lumpur, dan museum di Ubud.

Selain jenis museum yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga jenis-jenis museum lainnya yakni sebagai berikut:

  • Museum seni atau juga dikenal sebagai sebuah galeri seni, adalah sebuah ruang untuk pameran seni, biasanya merupakan seni visual, dan biasanya terdiri dari ilustrasi, lukisan, dan patung. Koleksi dari dokumen dan lukisan lama biasanya tidak dipamerkan di dinding, akan tetapi diletakkan di ruang khusus. Contoh lainnya adalah seni keramik.
  • Museum maritim adalah museum yang mengkhususkan terhadap objek yang berhubungan dengan kapal dan perjalanan di laut dan danau.
  • Museum otomotoif adalah museum yang mengkhususkan atau memamerkan kendaraan.
  • Museum sejarah adalah museum yang memberikan edukasi terhadap sejarah dan relevansinya terhadap masa sekarang dan masa lalu. Ada beberapa museum sejarah yang menyimpan aspek kuratorial tertentu dari sejarah dari lokal tertentu. Museum ini mempunyai koleksi yang beragam termasuk artefak, dokumen, seni, dan benda arkeologi.
  • Museum militer adalah museum yang mengkhususkan diri terhadap sejarah militer. Koleksi yang dimiliki oleh museum ini cotohnya adalah seragam militer, perangkat perang, dan kendaraan perang.
  • Museum arkeologi adalah museum yang memamekan artefak kuno peninggalan zaman dahulu, seperti batu, logam, dan peralatan-peralata zaman kuno. Museum ini banyak yang bersifat museum terbuka, yakni museum yang terdapat di ruang terbuka.
  • Museum etnologi adalah museum yang mempelajari, mengumpulkan, merawat, dan memamerkan artefak dan objek yang berhubungan dengan etnologi dan antropologi. Museum ini biasanya dibangun di negara yang mempunyai kelompok etnis atau etnis minoritas yang berjumlah banyak.
  • Museum universal atau museum encyclopedic adalah museum yang umum kita jumpai. Museum ini biasanya merupakan institusi besar, yang bersifat nasional, dan memberikan informasi kepada pengunjung mengenai berbagai varuasu dari tema lokal dan dunia.
  • Museum biografi adalah museum yang didekasikan kepada benda yang terkait dengan kehidupan sesorang atau sekelompok orang dan terkadang memajang benda-benda yang mereka koleksi. Beberapa museum biografi berada di dalam rumah atau situs yang terkait dengan orang yang bersangkutan pada saat mereka hidup.
  • Museum anak adalah sebuah lembaga yang menyediakan benda pameran dan program acara untuk merangsang pengalaman informal anak. Museum ini biasanya memiliki benda yang dirancang untuk dimainkan oleh anak-anak. Museuam anak umumnya adalah museum milik organisasi nirlaba dan dikelola oleh sukarelawan atau oleh staf professional dalam jumlah yang kecil.
  • Museum geologi adalah museum yang membahas tentang bumi.
  • Museum ilmu pengetahuan merupakan museum yang membahas tentang seputar masalah ilmu pengetahuan dan sejarahnya.

Inilah jenis-jenis museum dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 03:43 Oleh :
Kategori : Bangunan